aqua

Arus Balik Lebaran, Pendatang Baru Mulai Masuk Kota Bandung

Momentum mudik berlalu, giliran pendatang menyerbu Kota Bandung

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Popong W Nuraeni. (Foto: Nusantara)

JABARNEWS | BANDUNG - Seiring dengan arus balik Idul fitri 1440 Hijriah, sejumlah pendatang masuk ke Kota Bandung bersamaan. Hal serupa telah terjadi pada musim balik tahun sebelumnya.

Namun Pemkot Bandung telah mengingatkan para pendatang melengkapi dirinya dengan kompetensi, khususnya yang ingin mencari pekerjaan. Tak hanya itu, para pendatang juga wajib melengkapi dokumen kependudukannya.

Baca Juga:

DKM Masjid Raya Bandung: Tetap Menggelar Sholat Jumat

Tanggap Zona Merah, Kota Bandung Berlakukan Lagi PSBB Proporsional



Oleh karena itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Popong W Nuraeni, meminta warga dari berbagai wilayah yang datang ke Bandung dan tinggal sementara di kota ini membuat surat keterangan tinggal sementara. “Itu wajib. Kami akan layani di beberapa gerai,” katanya, di Kantor Disdukcapil Kota Bandung, kemarin.

Selain itu, Popong juga mengimbau seluruh masyarakat Kota Bandung baik warga asli maupun warga pendatang melengkapi dengan tiga dokumen kependudukan sipil yakni KTP Elektronik, Akte Kelahiran, dan Kartu Keluarga. Itu akan memudahkan warga untuk mengurus hal-hal lainnya.

“Jadi jangan baru membuat akte atau merekam E-KTP kalau sudah kepepet. Mau bikin BPJS atau mau bikin paspor. Tapi belum rekam E-KTP atau belum punya akte, lalu baru merekam. Jangan seperti itu. Usahakan saat belum mepet itu cepat-cepat dibuat,” ujar dia.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pendatang Baru Arus Balik Disdukcapil Kota Bandung

berita terkait

Sedia Payung Sebelum Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Di Bandung

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi