Presiden Jokowi Bersilaturahmi ke Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta

JABARNEWS | YOGYAKARTA – Presiden RI Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat, Jumat (7/6/2019).

Presiden Jokowi beserta rombongan tiba pukul 10.40 WIB di Kraton Kilen. Tampak puluhan wisatawan berkumpul di depan pintu gerbang sekitar keben untuk melihat kedatangan orang nomor 1 di Indonesia tersebut.

Memasuki regol atau pintu gerbang Keben, Presiden Joko Widodo yang mengenakan kemeja batik lengan panjang disambut empat puteri Sultan HB X yakni GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Maduretno, dan GKR Mangkubumi.

Baca Juga:  Dugaan Polisi Terlibat Peretasan Narasi TV Dibantah Polri: Tidak Ada!

Selanjutnya, Sultan HB X bersama istrinya GKR Hemas dan puteri bungsunya GKR Bendoro menyambut Presiden di Regol Srimanganti atau pintu gerbang tengah Keraton.

Pertemuan antara Sultan HB X, Presiden Jokowi, dan Iriana Joko Widodo berlangsung di Gedong Jane yang berada di kompleks utama Keraton Ngayogyakarta. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

Baca Juga:  Tiga Kuliner Khas Bandung, Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa

“Pertemuan berlangsung tertutup sekitar 30 menit,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY Aditya Nanaryo Aji.

Presiden Jokowi keluar dari pintu gerbang atau Regol Keben Keraton pada sekitar pukul 11:10 WIB dengan diantarkan Sultan HB X dan keluarga.

Di Yogyakarta, Jokowi bersama keluarga dan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan cucu pertamanya Jan Ethes.

Presiden kemudian menyapa dan bersalaman dengan masyarakat yang sedang mengantre untuk mendapatkan sembako.

Baca Juga:  Penyanyi Wanita Ini Mengaku Punya Antibodi Covid-19

Tak hanya dengan Presiden, masyarakat pun tampak antusias melihat Jan Ethes. Beberapa kali Jan Ethes ikut menyapa dengan melambaikan tangannya yang langsung diabadikan oleh masyarakat melalui telepon genggamnya masing-masing.

Sekitar 15 menit menyapa masyarakat di depan Gedung Seni Sono, Presiden kemudian bergeser ke gerbang samping untuk menyapa masyarakat, beberapa kali berswafoto dengan mereka. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat