Miliki Segudang Potensi dan Sejarah, Ponpes Sirnarasa Cisiri Jadi Wilayah Wisata Religi

JABARNEWS | CIAMIS – Sadar memiliki banyak potensi dan sejarah, Pondok Pesantren Sirnarasa Cisiri, yang berada di Dusun Ciceuri, Desa Ciomas, Kec Panjalu, Kebupaten Ciamis menjadi tempat wisata religi.

Dari pantauan tim Jabarnews.com ketika berkunjung ke pondok, ternyata, selain terus melakukan Syiar Islam, lokasi Pesantren Sirnarasa juga memiliki wisata religi.

“Memang benar, pesantren ini memiliki berbagai hal yang layak untuk ditonjolkan, salah satunya itu wisata religi,” ungkap Andi, salah satu pejiarah bulanan asal Lampung, Kamis (13/06/2019).

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Cancer Hari Ini

Lanjut Andi, selain acara Festival Religi semacam ini yang menjadikan ia penasaran untuk datang dan berwisata, di pondok ia juga bisa lebih memperdalam ilmu islam.

“Itu tak akan bosan, insya allah akan saya lanjutkan hingga kapanpun,” terangnya.

Masih disekitar lokasi, salah satu Pengasuh Pesantren Sirnarasa, Dadang Mulyawan menuturkan, kegiatan besar Festival Religi ini baru pertama kalinya digelar. Ia berharap, acara semacam ini bisa jadi suatu ajang tahunan.

Baca Juga:  Prabowo Minta Waktu Bentuk Koalisi

“Jelas warga sangat terbantu dengan adanya wisata ini,” ucapnya.

Menurutnya, hal inilah yang membuat ia serta para petinggi ponpes bertekad untuk mengembangkan potensi yang ada di ponpes ini.

“Pasalnya, lokasi ini selain memiliki luas yang cukup luas, kurang lebih ada 25 hektar, kita akan kasih suguhan yang lain bagi peziarah, meski baru 7 hektar yang disetujui telah dikembangkan,” terangnya.

Sementara itu, Haed Of Marketing Pacific Paint Ricky Soesanto mengatakan, dipilihnya Pesantren Sirnarasa merupakan ponpes pertama di perusahaannya menjadi wisata religi di Ciamis. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Ponpes ini memiliki banyak arti.

Baca Juga:  Polri Ungkap Dugaan Korupsi Pengadaan Gerobak UMKM di Kemendag Senilai Rp76 Miliar

“Ponpes ini memiliki sejarahnya panjang bagi saya, ia itu salah satu alasan kami untuk memilihnya untuk titik lokasi religi, apalagi para sesepuhnya.” terangnya.

Lanjut Ricky, dukungan pertama yang diberikan pihaknya, yakni asrama putra dan putri, madrasah aliyah, dan sekolah dakwah, yang kini tengah dibangun di daerah pesantren. (Yud)

Jabar News | Berita Jawa Barat