aqua

Direktur PMD: Pasar Papringan Temanggung Segera Dijadikan Pusat Study Desa

Direktur PMD bersama Bupati Temanggung di lokasi Festival Sindoro Sumbing, Temaggung, Jawa Tengah, Minggu (16/6/2019). (Foto: Kemendes PDTT)

JABARNEWS | TEMANGGUNG - Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ditjen PPMD Kemendesa RI, M. Fachri S.STP,. M.Si berharap agar Pasar Papringan yang dikelilingi rindangnya pohon bambu, dapat menjadi pusat study baru bagi daerah dan desa di Indonesia.

Dikatakan Fachri, Pasar Papringan punya daya tarik yang kuat bila menjadi pusat dan kunjungan study. Potensi kearifan lokal yang sudah maju di Temanggung, sebaiknya direplikasi oleh desa-desa lain. Ini paralel dengan Program Inovasi Desa (PID) yang dikembangkan Kementerian Desa sekarang ini.

Baca Juga:

Ini Harapan Gus Menteri kepada Muslimat NU

Gus Menteri Kembali Imbau Dana Desa Dikelola untuk Kesejahteraan Warga



Terlebih lagi, pola kolaborasi antar pihak terkait dalam membangun Kabupaten Temanggung, berjalan baik dan sinergis.

Pasar Papringan ini ujar Fachri, sudah pihaknya promosikan ke beberapa daerah lain. Termasuk kepada Bupati Dairi, Provinsi Sumut.

"Kami rekomendasikan berkunjung ke Papringan. Bila mau belajar pola kolaborasi peran antara pemerintah, desa, komunitas, dan peran multi stakeholder, datanglah ke Temanggung. Singgahlah di Papringan. Silakan lihat model pengembangan potensi lokal daerahnya,” ucap Fachri saat menghadiri kegiatan Festival Sindoro Sumbing; Ngopi di Papringan, bertempat di Desa Ngadimulyo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (16/6/2019).
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Pasar Papringan Temanggung Pusat Study Dana Desa Ditjen PPMD Festival Sindoro Sumbing Kemendes PDTT Pemkab Temanggung

berita terkait

Gus Menteri: BLT Dana Desa Telah Tersalur 100 Persen

1.000 Sanitasi Pedesaan Akan Dibangun Kemenaker-Kemendes

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi