aqua

Simbol Kota Angin Dibumikan Dalam Festival 100 Kolecer

Kabupaten Majalengka terkenal dengan sebutan Kota Angin. Seniman dan budayawan membuat 100 kolecer. Festival Kolecer pun berlangsung dari tanggal 10 hingga 16 Juni 2019.

Festival Kolecer di Desa Cengal Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka sukses menegaskan kota angin. (Foto: Rik/Jabarnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka terkenal dengan sebutan "Kota Angin". Sebutan itu makin menguat pada bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan ini intensitas angin terasa sangat kuat dan menggelebug. Tak percaya? Coba saja datang ke wilayah Kabupaten Majalengka.

Tak mengherankan kiranya, ketika sekelompok orang bersama sejumlah komunitas seniman dan budayawan di Majalengka, lantas membuat seratus kolecer. Festival Kolecer pun berlangsung dari tanggal 10 hingga 16 Juni 2019. Responnya positif, banyak kalangan mengapresiasi. 

Baca Juga:

Ini Langkah Terobosan Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dan KDRT Di Majalengka

Majalengka Tertutup Untuk Produk Luar



Ketua Panitia Festival Kolecer, Taufik Hidayat, atau yang akrab dipanggil Uwa Geblug mengatakan pihaknya merasa bersyukur karena Festival Kolecer telah sukses digelar. Festival ini sengaja mengusung ratusan Kolecer sebagai tanda bahwa Majalengka terkenal dengan anginnya yang besar dan kuat. 

"Kita tahu, Majalengka terkenal dengan anginnya yang besar dan ngagelebug. Oleh karenanya kita buat Festival Kolecer. Sekaligus menyambut hari jadi Majalengka yang ke-529 tahun," ungkapnya, usai acara penutupan di area Festival Kolecer, di kompleks hutan pinus Desa Cengal Kecamatan Maja, Kab. Majalengka, Minggu sore (16/6/2019). 

Taufik menambahkan selain ratusan kolecer yang be‎rdiri tegak menggapai langit, dengan sebagian dipasangi variasi bentuk pesawat, mewarnai ramainya desiran dan gesekan dahan serta ranting pohon pinus. Juga, sebagian acara seperti tarian seni tradisional, pemutaran film lokal, pertunjukan sintren, dan bermusik bersama ikut meramaikan suasana Festival Kolecer.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Festival Kolecer Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka Seni Budaya

berita terkait

Gantolle Siap Meriahkan Gunung Panten Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi