Bersama TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan Sukasari Tekan Angka Putus Sekolah

JABARNEWS | PURWAKARTA -Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) 1 Sukasari bersama TNI-Polri dan pemerintah setempat terus berkomitmen untuk menekan angka putus sekolah patut diapresiasi.

“Kami bersama Babinsa, Babinkamtibmas dan aparatur Pemerintahan Kecamatan dan Desa terus menerus dari rumah ke rumah untuk memberikan motivasi dan semangat para orang tua agar terus menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” kata Kepala SMAN 1 Sukasari, Ahmad Riva’i, Senin (17/6/2019).

Dia menambahkan, pihaknya sengaja menggandeng unsur TNI-Polri dan pemerintah setempat untuk terus memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ahmad mencontohkan pada tahun 2018 lalu, di hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tak lebih dari lima orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di SMAN 1 Sukasari.

Baca Juga:  Tb- Anton Besok Dipanggil Bawaslu Jabar

“Ya berkaca pada tahun lalu, makanya kami gandeng unsur TNI-Polri dan pemerintah setempat untuk door to door memberikan motivasi dan edukasi kepada para orang tua agar menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ucapnya.

Dengan upaya tersebut, lanjut Ahmad, membuahkan hasil yang cukup baik dengan bertambahnya minat anak untuk meneruskan sekolah dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke tingkat SMA.

“Alhamdulillah dengan door to door, di hari pertama PPDB ada lebih dari 20 orang tua yang mendaftarkan anaknya ke SMAN 1 Sukasari. Ini suatu peningkatan yang cukup baik dari tahun sebelumnya. Tahun lalu yang melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Sukasari ini hanya 75 siswa dari 200 siswa yang lulus SMP se-Kecamatan Sukasari. Semoga di tahun ini semua siswa yang lulus SMP tahun ini di Kecamatan Sukasari bisa melanjutkan di SMAN 1 Sukasari,” harapnya.

Baca Juga:  22 Pasutri Ikuti Seleksi Keluarga Sakinah Tingkat Kota Bandung

Ahmad menambahkan, di tahun lalu khususnya di Desa Ciririp, Desa Sukasari dan Desa Parungbanteng, sangat sedikit sekali yang melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Sukasari.

“Namun alhamdulilah berkat door to door yang dilakukan SMAN 1 Sukasari, Koramil 1905 Jatiluhur, Polsek Sukasari, aparatur Pemerintahan Kecamatan Sukasari ada peningkatan yang lumayan,” ucap Ahmad.

Baca Juga:  Pemilihan Langsung... Langsung OTT

Dihubungi terpisah, Danramil 1905 Jatiluhur, Kapten Arm Bambang Priyambodo mengatakan, pihaknya memerintahkan Babinsa untuk terus mengedukasi dan menyerukan kepada segenap wali murid atau orang tua yang memiliki anak masih duduk di bangku pendidikan mulai dari tingkat SD sampai SMA di wilayah Kecamatan Sukasari tentang pentingnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Kami berkomitmen bersama jajaran Polri, pihak pemerintah dan sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Sukasari agar tak ada anak yang putus sebatas SD. Setiap lulusan harus melanjutkan ke sekolah lanjutan,” singkat Bambang, saat dihubungi melalui selulernya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat