Ketua DPRD Jabar Akan Mengkaji Gratiskan SPP untuk SMK dan SMA

JABARNEWS | BANDUNG – Tahun 2020 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana menggratiskan biaya sumbangan pembinaan dan pendidikan (SPP) bagi SMA/SMK di Jawa Barat. Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengaku akan mengkaji lebih detail terkait Terlebih, belum ada pembahasan terkait perencanaan untuk tahun 2020.

“Tahapan di DPRD, selesai Musrenbang kita akan membahas kelanjutannya dan sampai sekarang kami belum membahas ke sana,” ujar Ineu di Bandung, Selasa (18/6/2019).

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Senin 21 Januari 2019

Ineu menilai perlu adanya pengkajian lebih jauh ihwal kondisi keuangan daerah yang ada di Jawa Barat. Pasalnya, persoalan pendidikan bukan menggratiskan biaya sekolah karena ada aspek lainnya yang juga perlu diperhatikan.

“Bukan hanya sekolah gratis, tapi sarana prasarana sekolah yang menjadi kewenangan provinsi itu juga harus menjadi perhatian,” tuturnya.

Baca Juga:  Puluhan Warga Cianjur Diduga Keracunan Usai Santap Makanan Nasi Kotak

Selain itu, DPRD Jawa Barat juga memerlukan pembahasan secara detail terkait penghematan anggaran Rp 2 triliun dari berbagai sektor untuk pendidikan. Menurut Ineu, penghitungan penting dilakukan agar anggaran bisa mencukupi.

“Kami sepakat efisiensi dilakukan, tapi apakah ini menjadi program penting atau tidak ini yang harus dilihat karena kita cukup program di Jawa Barat, kalau ada rencana sekolah gratis, bagi kita cukup bagus bagi masyarakat” ucapnya.

Baca Juga:  AHY Bertemu Puan Maharani, Demokrat Selangkah Lagi Gabung PDIP

Namun, DPRD Jawa Barat pada prinsipnya mendukung semua kebijakan yang mensejahterakan rakyat. Sebab, masalah mendasar seperti pendidikan masih menjadi perhatian masyarakat, khususnya di Jawa Barat. Namun, Ineu berharap kebijakan baru tersebut bisa meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat Jawa Barat. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat