aqua

Dirjen PPMD Ajak Semua Pihak Perkuat Ketahanan Dan Tata Kelola Pembangunan Desa

Dana Desa TA 2018 telah dialokasikan sebesar Rp.60 Miliar kepada 74.957 desa atau 77 % dari pagu atau sebesar Rp46,2 miliar dibagi secara merata kepada setiap desa.

Dirjen PPMD, Taufik Madjid dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kemendes PDTT di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Kamis (20/6/2019). (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid mengajak semua pihak untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan ketahanan masyarakat dan mengelola pembangunan Desa. Sebab, kedua isu tersebut menjadi penting dalam rangka memasuki era keterbukaan informasi dan kompetisi global.

Demikian rilis yang disampaikan ke Media dalam wawancara dengan Dirjen Taufik dalam rangka apresiasi kegiatan Rapat Koordinasi bertajuk: "Penguatan Ketahanan Masyarakat dalam Pembangunan Desa", Kemendes PDTT yang dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan yang berlangsung di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga:

Dirjen PPMD: Bandar Udara adalah Pintu Gerbang Sail Nias 2019

Cegah Penyalahgunaan Dana Desa, Tim Sekber Lakukan Monev



Dalam paparannya, M Rahayuningsih dari Kemendagri mengakui bahwa dalam pengelolaan keuangan desa, pemerintah desa tidak hanya fokus mengelola Dana Desa saja, tetapi lebih mengelola secara menyeluruh yakni APBDes. Saat ini, keuangan desa berasal dari 7 hingga 9 sumber.

Untuk pengelolaan keuangan desa (mulai perencanaan sampai pertanggung jawaban) diatur dalam Permendagri No.20 Tahun 2018. Sebelumnya, pengelolaan keuangan desa diatur dalam Permendagri No.113 Tahun 2014.

“Perbedaan Permendagri 113 dengan Permendagri 20, terletak pada permasalahan pengelolaan keuangan pada area risiko implementasi keuangan desa. Sehingga kita mampu melakukan evaluasi secara mandiri, untuk melihat tingkat masalah Dana Desa maupun sumber keuangan desa lainnya masing-masing desa di Indonesia,” katanya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT RPJMDes RKPDes APBDes Kemenkeu Dana Desa

berita terkait

Data IDM Selalu Update Seiring Perkembangan Fakta

Mendes Minta Kades Manfaatkan Dana Desa untuk Pengembangan Wisata

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi