aqua

Banyak Provinsi Tak Miliki Anggaran Peningkatan Kapasitas Kades

Persoalan tentang kapasitas aparat desa, masih jadi momok yang serius.

Pemateri yang tampil menjadi pembicara di Rakor Penguatan Ketahanan dalam Pembangunan Desa, Kamis (20/6/2019). (Foto: Kemendesa PDTT)

JABARNEWS | JAKARTA - Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Kemendagri-RI, Dr. Imran M.Si., M.A, mengungkapkan bahwa masih diperlukan kerja keras untuk memperkuat kelembagaan di tingkat desa.

Selain itu, meningkatkan kapasitas aparat desa dan kepala desa (Kades) menjadi lebih baik, juga menjadi pekerjaan rumah (PR) terbesar pemerintah saat ini. Tanpa itu, mandat UU Desa Nomor 6 tahun 2014 tidak akan maksimal.

Baca Juga:

Dirjen PPMD: 123 Negara Belajar Pengelolaan Desa Dari Indonesia

Mendagri Akan Evaluasi Rencana Pelantikan Sekda Kota Bandung



Hal tersebut dikatakan Imran saat mengisi materi di kegiatan Rakor bertajuk Penguatan Ketahanan Masyarakat dalam Pembangunan Desa yang digagas Kemendesa PDTT di Jakarta Kamis (20/6/2019).

“Persoalan tentang kapasitas aparat desa, masih jadi momok yang serius. Sekarang ini, hampir seluruh provinsi di Indonesia tidak memiliki anggaran untuk melakukan kegiatan peningkatan kapasitas kepala desa maupun camat,” kata Imran secara gamblang di hadapan Kadis PMD Provinsi dan PMD Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Akibat nyata karena belum adanya upaya peningkatan kapasitas aparat desa, banyak kepala desa yang gagap dalam merepresentasikan dan mengimplementasikan Dana Desa menjadi program prioritas. Banyak program dan kegiatan di desa yang dilaksanakan belum merujuk pada keputusan bersama dalam musyawarah desa dan penyusunan RPJMDes.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Kemendagri Kemendesa PDTT Siskuedes Kementerian ATR Bappenas

berita terkait

DPMdes Dorong Desa Menjadi Mandiri

Desa di Indonesia Didorong Jalankan Program Dewi Dedi

Uu Ruzhanul Ulum Lantik 2.512 CEO BUMDes di Jabar

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi