aqua

Ini Alasan Kenapa Suhu di Jabar Dingin Bebeberapa Hari Terakhir

Belakangan ini pasti Anda lebih banyak diam di kamar karena suhu udara yang dingin di Jabar. Ternyata ini alasannya...

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Suhu udara yang dingin beberapa hari terakhir ini menyelemuti wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung. Namun tahukah Anda kenapa bisa terjadi? Ternyata fenomena perubahan udara tersebut menandakan, bahwa kita akan menghadapi musim kemarau.

"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," ungkap peneliti cuaca dan iklim BMKG Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga:

Emil Minta Wanadri Rancang West Java Resilience Culture Blue Print

Terus Bergulir, Giliran Komunitas Di Purwakarta Dan Subang Tolak Cagar Alam Berubah Status



Di Jawa Barat, periode musim kemarau datang pada Juni ini dengan lebih dulu terjadi di sekitar kawasan Pantai Utara alias Pantura. Selanjutnya, kemarau akan bergerak ke arah selatan Jawa Barat.

Saat musim kemarau, angin yang bertiup melewati Jawa Barat adalah angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia. Namun suhu akan lebih dingin pada Juli hingga September nanti, karena di Australia sedang mengalami puncak musim dingin.

"Kondisi saat ini dipengaruhi juga dengan masih adanya kelembapan pada ketinggian permukaan hingga 1,5 kilometer di atas permukaan laut," tutur Iid.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BMKG Musim Kemarau Jawa Barat Suhu di Jawa Barat Dingin

berita terkait

Polres Majalengka Juara Pertama Kapolda Cup 2019

Pray For Sulawesi

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Selasa, 29 Januari 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi