bjb

Kuota Jalur Prestasi Direvisi, PPDB di Jabar Belum Pasti Ikuti Revisi

Ilustrasi masyarakat tengah mendaftar PPDB. (Dok. Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merevisi kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  jalur prestasi menjadi 5% hingga maksimal 15%, tergantung kebutuhan masing-masing daerah. Revisi kuota jalur prestasi tersebut sesuai berdasarkan perbaikan isi Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB.

Dinas Pendidikan Jawa Barat belum memutuskan, apakah akan mengikuti revisi kuota jalur prestasi dalam PPDB 2019 tingkat SMA/SMK Negeri menjadi maksimal 15% dari sebelumnya hanya 5%. Pasalnya, Provinsi Jabar memiliki kuota untuk jalur zonasi kombinasi, yang tidak ada di provinsi lain.

"Sistem tersebut merupakan gabungan dari skor jarak dengan nilai UN sehingga memberi peluang bagi siswa dengan skor nilai UN tinggi untuk diperhitungkan prestasinya," ucap Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dewi Sartika, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (21/6/2019).

Menurut Dewi, Jabar saat ini telah menerapkan aturan serupa melalui jalur zonasi kombinasi tersebut.

"Di Jabar kita ambil 90% zonasi dan di dalamnya ada 20% Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) itu sama semua di daerah lain pun begitu. Tapi kita punya 15% zonasi kombinasi, yang memperhitungkan lebih banyak nilai UN," katanya.

Baca Juga:

Temukan Dugaan CPDB Berdomisili Bodong, Pemprov Jabar Bentuk Tim Investigasi PPDB

Soal PPDB, Ribuan Pelajar Lulusan SMP di Purwakarta Bakal Galau

Kendati demikian, kemungkinan Pemprov Jawa Barat merevisi persentase jalur prestasi  pada PPDB 2019 cukup kecil. Dikarenakan, bila revisi Kemendikbud tersebut diterapkan, maka kuota jalur prestasi di Jabar mencapai 20 persen.

"Pak Iwa (Sekda Jabar) pun bilang sebenarnya kita ngga perlu ada revisi lagi. Yang menerapkan zonasi kombinasi kan cuma Jabar, Tapi kita masih rapat," pungkas Dewi. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat





Tags : PPDB 2019 Kuota Jalur Prestasi Kemendikbud Zonasi Kombinasi Disdik Jabar PPDB Jabar
properti

berita terkait

Orang Tua Siswa Kota Bandung Keluhkan Jual Beli Kursi Calon Siswa

Ombudsman Terima 24 Laporan Dugaan Pelanggaran PPDB 2019

Komisi V DPRD Soroti PPDB 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi