aqua

Keren! Tiga Mahaiswa Unand Ciptakan Prototipe Pembatas Kendaraan Muatan Berlebih

Dua mahasiswa menguji coba mesin prototipe penghalang kendaraan beroperasi saat kelebihan yang diberi nama Machine-Stopping System (Mass). (Foto: Antara)

JABARNEWS | PADANG – Pemuda Indonesia kembali melahirkan torehan yang gemilang. Pasalnya, tiga mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, yakni Rifki Firdaus, Lucyana Lufti dari Jurusan Teknik Elektro dan Muhammad Habib Anshor dari Teknik Mesin, berhasil menciptakan prototipe penghalang kendaraan beroperasi saat kelebihan.

"Prototipe ini kami ciptakan berawal dari kondisi banyaknya kendaraan terutama truk di jalan raya yang tetap beroperasi kendati kelebihan muatan dari batas angkut maksimum sehingga bisa membahayakan pengendara jalan yang lain," kata salah seorang mahasiswa pencipta Mass, Lucyana Lufti di Padang, Sabtu.

Baca Juga:

Duh! Bupati Kutai Timur dan Istri Terkena OTT KPK

Istri Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK Menjabat Ketua DPRD



Prototipe yang diberi nama Machine-Stopping System (Mass) itu dibuat dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) digelar Kemenristek Dikti.

Menurut Lucyana saat kendaraan kelebihan muatan tetap beroperasi minimal ada tiga risiko yang dihadapi yaitu membahayakan pengendara dan pengemudi jika oleng, membuat aspal cepat rusak karena dilewati kendaraan dengan beban berat dan memperpendek umur kendaraan itu sendiri.

"Kelebihan muatan pada kendaraan memberikan efek ganda pada berbagai sisi," ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Unand Protipe Penghalang Muatan Berlebih Machine-Stopping System (Mass) Kemenristek Dikti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC)

berita terkait

Segini Harta Kekayaan Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK

Miéling Dalang Rancagé Asép Sunandar Sunarya

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi