aqua

Keren! Tiga Mahaiswa Unand Ciptakan Prototipe Pembatas Kendaraan Muatan Berlebih

Dua mahasiswa menguji coba mesin prototipe penghalang kendaraan beroperasi saat kelebihan yang diberi nama Machine-Stopping System (Mass). (Foto: Antara)

Ia menjelaskan Machine-Stopping System yang dirancang menyerupai sistem kerja lift yang tidak dapat dioperasikan dalam keadaan kelebihan muatan.

Saat lift kelebihan beban alarm peringatan akan berbunyi, pintu tidak dapat ditutup serta mesin lift tidak dapat digerakkan, agar lift tersebut dapat dioperasikan kembali, beban yang akan diangkut lift harus dikurangi terlebih dahulu, ujarnya.

Baca Juga:

Duh! Bupati Kutai Timur dan Istri Terkena OTT KPK

Istri Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK Menjabat Ketua DPRD



Dengan mengadopsi sistem lift ini, tim PKM-KC mahasiswa Teknik Unand merancang prototipe sistem machine-stopping system dengan komponen berupa buzzer, relay, LED dan motor servo yang akan menghalangi kendaraan beroperasi dalam keadaan kelebihan muatan. Sistem Mass yang dirancang oleh ketiga mahasiswa tersebut, tertanam atau terintegrasi secara langsung pada kendaraan.

Prinsip kerja dari sistem ini, adalah sensor beban load cell akan ditempatkan pada posisi rangka kendaraan, yang mengalami kelendutan maksimal, akibat perubahan beban yang diberikan pada rangka tersebut.

Kemudian, akan diseting pada mikrokontroler pengolah data beban maksimum, yang menyebabkan kendaraan berada dalam kondisi beban maksimum, dengan setinggan akan mengacu kepada berat rangka kendaraan, berat kendaraan, berat mesin dan berat maksimum beban.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Unand Protipe Penghalang Muatan Berlebih Machine-Stopping System (Mass) Kemenristek Dikti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC)

berita terkait

Segini Harta Kekayaan Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK

Miéling Dalang Rancagé Asép Sunandar Sunarya

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi