aqua

Keren! Tiga Mahaiswa Unand Ciptakan Prototipe Pembatas Kendaraan Muatan Berlebih

Dua mahasiswa menguji coba mesin prototipe penghalang kendaraan beroperasi saat kelebihan yang diberi nama Machine-Stopping System (Mass). (Foto: Antara)

Jika sensor tersebut mendeteksi kendaraan dalam kondisi kelebihan muatan, maka sensor akan menyebabkan mikrokontroler memerintah alarm peringatan berbunyi, mematikan mesin kendaraan dan menghalangi pintu kendaraan tertutup secara otomatis.

Namun, jika beban pada kendaraan telah dikurang,i kendaraan tidak dalam kondisi kelebihan muatan, maka mesin kendaraan dapat dioperasikan kembali.

Baca Juga:

Duh! Bupati Kutai Timur dan Istri Terkena OTT KPK

Istri Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK Menjabat Ketua DPRD



"Sistem ini tidak akan mengganggu kerja dari komponen mesinnya. Sistem ini hanya akan bekerja jika sensor mendeteksi kendaraan dalam kondisi kelebihan beban," kata dia.

Menurut dia butuh waktu sekitar empat bulan untuk merancang alat ini dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 4 juta. Prototipe ini akan dinilai oleh tim dan Kemenristek Dikti dan jika lolos akan dipresentasikan di Jakarta pada Agustus 2019. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat
Halaman sebelumnya  1 2 3
Tags : Unand Protipe Penghalang Muatan Berlebih Machine-Stopping System (Mass) Kemenristek Dikti Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC)

berita terkait

Segini Harta Kekayaan Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK

Miéling Dalang Rancagé Asép Sunandar Sunarya

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi