Hari Lingkungan Hidup, Aksi Bebersih Ciliwung Sabet Rekor MURI

JABARNEWS | BOGOR – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dan pengurangan sampah plastik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar aksi bebersih Sungai Ciliwung yang berlangsung di 33 kecamatan sepanjang Sungai Ciliwung, dengan jumlah peserta tercatat mencapai 9.300 orang

“Jumlah peserta melebihi target 8.000 orang, karena yang sudah teregistrasi sebanyak 9.300 orang,” kata Panitia Penyelenggara, Direktur Jendera Pengendalian dan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK M.R Karliansyah, di sela-sela pembukaan kegiatan Bebersih Ciliwung di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/6/2019)

Baca Juga:  Warga Cempaka Tasikmalaya Temukan Kukang Jawa, Begini Kondisinya

Karliansyah mengatakan para peserta ini berasal dari berbagai kalangan mulai dari anggota komunitas peduli sungai dan lingkungan, pegawai KLHK dan pemerintah daerah, Pramuka, masyarakat dan perusahaan.

Ia menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah kampanye edukasi lingkungan, peran aktif masyarakat, penjaringan kemitraan antara pemerintahan dan perusahaan agar berpartisipasi aktif dalam perlindungan dan pengelolaan ekosistem DAS tersebut.

Di 33 lokasi kegiatan ada penyiaran secara langsung di Sempur, Kota Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, Panus dan Tanah Abang, DKI Jakarta.

“Dengan penyiaran langsung ini diharapkan masyarakat di sekitar Ciliwung dan seluruh Indonesia akan tergugah untuk sadar bagaimana Ciliwung ini kita pelihara dengan baik,” kata Karliansyah.

Baca Juga:  Satgas Covid-19: AstraZeneca Percepat Program Vaksinasi Covid-19

Kegiatan ini juga dihadiri 29 CEO perusahaan yang maksudnya untuk bermitra dengan 29 komunitas yang ada di Ciliwung.

“Mungkin ada program yang bisa dikerjakan secara luas, sehingga Ciliwung menjadi lebih baik,” kata Karliansyah.

Menurut pihak penyelenggara, aksi bebersih Ciliwung rutin dilakukan, ini merupakan tahun yang ketiga. Penyelenggaraan pertama dimulai tahun 2013 melibatkan 2.400 orang, lalu berlanjut 2014 melibatkan 5.000 an orang. Tahun 2017, KLHK mencatat sebanyak 7.000 ton sampah dibuang ke Ciliwung setiap harinya. Praktik ini terjadi mulai dari hulu sampai hilir.

Baca Juga:  Budidaya Melimpah, Lengkuas Desa Muktijaya Bekasi Akan Diekspor

Acara Bebersih Ciliwung ini dihadiri langsung oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar yang mengatakan bahwa kegiatan ini juga diobservasi oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia) untuk mencatat rekor nasional dengan aksi bersih sungai melibatkan 8.000 orang.

Turut hadir pula Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, Bupati Bogor Ade Yasin, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusumaatmadja, serta Sekjen KLHK Bambang Hendroyono. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat