Jatim Jadi Tempat Studi Banding DPRD Jabar Mengenai Wacana SPP Gratis

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam upaya Pemprov Jabar menggratiskan biaya SPP SMP dan SMA/SMK negeri maupun swasta di Jawa Barat pada tahun depan. Pemerintah Provinsi dikabarkan akan melakukan penghematan anggaran di beberapa sektor agar rencana tersebut bisa terealisasi.

Menanggapi wacana tersebut, DPRD Jabar pun melakukan studi banding ke Jawa Timur yang telah terlebih dahulu menerapkan kebijakan SPP gratis. Studi banding dilakukan guna mempelajari langkah-langkah Pemprov Jatim agar bisa diterapkan di Jawa Barat.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius: Coba Menghilang Sejenak untuk Menenangkan Diri

“Itu karena kami dengar Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa), sudah punya resep untuk menggratiskan SPP SMP dan SMA/SMK Negeri,” ujar Sekretaris Komisi V DPRD Jabar, Abdul Hadi Wijaya di Bandung, Minggu (23/06/2019).

Hadi mengaku telah mengkaji dan berdiskusi dengan dinas teknis terkait di Jawa Timur. Rencananya, hasil studi banding akan pihaknya paparkan dalam pembahasan APBD dan anggaran perubahan 2020.

Baca Juga:  Bulog Impor Daging Beku 100.000 Ton dari India

“Kita mengkaji strateginya dan itu akan kami bahas bersama-sama dengan eksekutif dalam pembahasan APBD,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Bappeda Jabar tengah menyiapkan rancangan dan menghitung anggaran yang dibutuhkan. Hadi menyambut baik rencana tersebut sebagai kesinambungan antara eksekutif dan legislatif di Jabar.

Baca Juga:  Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Cacar Monyet, Begini Deretan Gejalanya

“Pasti ujungnya politik anggaran karena katanya butuh dua triliun. Secara teknis bisa dikejar gak dan apa yang harus dilakukan untuk eksekusi. Disinilah nanti politik anggaran oleh semua pihak dioptimalkan,” pungkasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat