Petani Cianjur Sukses Budidaya Jagung Warna Warni

Jagung unik ini dipanen selama dua bulan dengan 12 varian warna

Jagung warna warni yang kini mulai diminati masyarakat. (Foto: Net)

JABARNEWS | CIANJUR - Jagung merupakan satu dari komoditas pangan penghasil karbohidrat yang biasa di konsumsi masyarakat. Selain itu jagung juga menjadi komponen yang penting untuk pakan ternak, selain sebagai sumber makanan pokok, jagung juga diambil minyaknya dan bisa pula diolah menjadi tepung.

Ciri khas tanaman bertongkol itu, di antaranya memiliki bulir berwarna kuning. Namun, khas itu tidak lagi berlaku karena saat ini ada jenis jagung dengan bulir yang warna-warni.



Berawal dari kesenangannya mengoleksi plasma nutfah dari berbagai tanaman, salah satunya plasma nutfah jagung, Luki Lukmanulhakim (45), petani asal Kampung Lebak Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sukses membudidayakan jagung warna-warni di atas lahan tiga hektar.

Selain memiliki warna yang menarik, jagung yang dikenal dengan istilah glass gem corn rainbow itu ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan dibandingkan jagung biasa.

Awalnya dia membeli benih yang berwarna merah, ungu, putih, dan hitam secara online. Setelah mencoba menanam dengan cara silang campur begitu panen bisa menghasikan 12 warna baru.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Jagung Warna Warni Komoditas Eskpor Makanan Pokok

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi