aqua

Ratusan Kursi SMA Negeri di Purwakarta Masih Kosong

Ketua MKKS SMA Kabupaten Purwakarta. Asep Sundu Mulyana. (Foto: Gingin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sebanyak 299 kursi di 17 SMA Negeri di wilayah Kabupaten Purwakarta saat ini masih kosong. Hal tersebut diungkapkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Purwakarta, Asep Sundu Mulyana.

"Hasil verifikasi terakhir jumlah pendaftar PPDB SMA Negeri tahun 2019 se-Kabupaten Purwakarta baru masuk sekitar 4.586 calon siswa. Jumlah tersebut lebih rendah dari kuota PPDB di 17 SMA Negeri di Kabupaten Purwakarta yaitu sebanyak 4.885 siswa. Ini berarti pendaftar calon siswa ke SMA Negeri di Kabupaten Purwakarta masih kurang sekitar 299 calon siswa," kata pria yang akarab disapa Sundu itu, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga:

MKKS SMA Purwakarta: Perayaan Valentine Bukan Budaya Indonesia

Berlakukan Sistem SKS Bisa Lulus Lebih Cepat, Begini Penjelasannya



Berdasarkan pengamatan terbatas, lanjut dia, terdapat beberapa hal yang jadi penyebab hal tersebut, salah satunya karena ada penambahan kuota dibandingkan tahun-tahun sebelumnya akibat dari penambahan ruang kelas baru (RKB) di sejumlah sekolah.

"Sampai saat ini belum ditemukan secara pasti penyebab fenomena ini, walaupun pilihan pendaftaran dengan jalur zonasi murni melebihi kuota, tetapi jalur KETM, ABK dan perpindahan orang tua masih kurang," kata Sundu.

Untuk tahun 2019 ini, lanjut pria yang juga menjabat Kepala SMAN 1 Cibatu itu, dari 4.586 pendaftar, calon siswa perempuan lebih mendominasi pada PPDB SMA Negeri tahun ini, yaitu sebanyak 2.943 orang, sementara calon siswa laki-laki hanya sebanyak 1.643 orang.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : MKKS Purwakarta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kursi SMAN PPDB 2019

berita terkait

Kemendikbud: Pemda Masih Lakukan Penyimpangan Aturan Zonasi

Muhammadiyah: Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Layanan Pendidikan

Orang Tua Siswa di Cianjur Keluhkan Sistem Zonasi dalam PPDB

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi