Bantu Masyarakat Terbebas dari Kebutaan, Bank BCA Gelar Operasi Katarak Gratis

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Bekerja sama dengan Kick Andy Foundation (KAF), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar operasi katarak gratis, di RSUD Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (25/6/2019).

Kepala KCU BCA Soekarno Hatta, Juniarta, mengatakan, kegiatan ini Sebagai bentuk kepedulian bank BCA terhadap masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan.

“Bakti sosial operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak 2001 pada hampir seluruh wilayah di Tanah Air,” kata Juniar kepada awak media disela berlangsungnya kegiatan.

Menurut Juniar , BCA menegaskan komitmen untuk terus membantu masyarakat yang memiliki gangguan penglihatan akibat katarak yang dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga:  Warga Kini Bisa Lapor Jalan Rusak Secara Online, Begini Caranya

“Komitmen tersebut sudah dinyatakan BCA dalam beberapa tahun belakangan demi membantu agar masyarakat terus dapat melakukan kegiatan produktif tanpa dihalangi oleh masalah gangguan kesehatan,” kata dia.

Selain itu, lanjut Juniar, pihaknya mencermati bahwa faktor penyebab utama kebutaan di Indonesia salah satunya karena katarak. Sebagai bank swasta nasional, pihaknya ingin terus berkontribusi bagi masyarakat terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan akibat indikasi katarak.

“Mudah-mudahan bakti sosial ini dapat menjadi solusi bagi para penderita katarak sehingga mereka dapat beraktivitas kembali secara normal, urai Juniarta,” harapnya.

Baca Juga:  Kemenpora: IOXC Sebagai Ruang Kreativitas Remaja di Bidang Olahraga

Juniarta menambahkan, BCA telah berpartisipasi membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak sejak 2001. Pada tahun tersebut, BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) dan sejak 2017 dengan Kick Andy Foundation.

“Kegiatan bakti sosial operasi katarak ini dilakukan secara gratis. Untuk kegiatan bakti sosial operasi katarak di ini, kami perkirakan bisa dilakukan tindakan sekitar 100 operasi gratis kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengapresiasi Bank BCA yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap warga KBB, khususnya penderita katarak.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak 12 April 2022 Taurus, Jangan Menutup Diri dan Lebih Terbukalah Menyambut Kesempatan Cinta

“Bakti sosial semacam ini sangat perlu digelar di wilayah kami. Meski hanya ada 16 kecamatan, namun luas wilayah kami hampir setara Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Ke depan, sambungnya, kegiatan serupa diharapkan dapat lebih sering terlaksana.

“Insya Allah sangat bermanfaat dan menjadi berkah untuk semua,” katanya.

Selain dihadiri oleh Bupati Bandung Barat, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto, Ketua Pelaksana Harian Kick Andy Foundation Ali Sadikin, perwakilan Perdami Jawa Barat Syumarti, dan Direktur RSUD Cikalong Wetan Ridwan Abdullah. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat