Mahasiswa ITB Raih Juara di UGM dalam Jogja Information Technology Session

JABARNEWS | BANDUNG – Pada 7 April – 5 Mei 2019 lalu, Institut Teknologi Bandung (ITB) dapat berbangga karena mahasiswa Teknik Informatika berhasil meraih Juara 1 dan Juara 3 untuk kategori Data Mining, serta Best Pitching dalam kategori Apps Innovation di ajang Jogja Information Technology Session (JOINTS) 2019, yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komputer Universitas Gajah Mada, .

Ada beberapa kategori dalam kompetisi ini, diantaranya Programming Competition Session, Data Mining, Apps Innovation dan Capture The Flag. Ajang ini diikuti oleh kurang lebih 650 tim dari Perguruan tinggi di seluruh tanah air, termasuk ITB yang diwakilkan oleh 3 tim. Ketiga tim ini berasal dari Jurusan Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektronika dan Informatika (STEI).

Baca Juga:  Ehemm..Lagi, Jokowi Kenakan Pakaian Adat

Ketua Tim ITB Peraih Juara 1 Kategori Data Mining, Christian Wibisono, mengungkapkan dalam kontes ini timnya ditantang untuk melakukan pengolahan dan analisis big data sehingga peserta dapat membuat model machine learning untuk membuat prediksi seakurat mungkin sesuai atribut yang tersedia, yaitu mengenai lokasi, fasilitas, gender, dan harga dari kos, yang kemudian dituangkan ke dalam paper dan presentasi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 14 Juli 2022: Cancer, Leo dan Virgo

“Tim saya membuat prediksi untuk segmentasi pasar bisnis kos menggunakan Gradien Boosting Machine. Untuk ilmunya, kami peroleh dasarnya dari materi kuliah yang diajarkan di Teknik Informatika ITB, kemudian mengikuti kompetisi-kompetisi serupa dan tentunya otodidak lewat Platform Kaggle,” terangnya.

Selain itu, Ketua Tim Peraih Best Pitching Apps Innovation, Cornelius Yan, tidak segan membagikan tips mengenai materi pitching yang menghantarkan tim mereka menjadi juara dalam mempresentasikan rekayasa perangkat lunak berupa aplikasi mobile, web, maupun desktop.

Baca Juga:  Ribuan Desa di Jabar Siap Selenggarakan Pilkades Serentak

“Tim kami tidak hanya memaparkan dari segi solutifnya, namun juga dari segi nilai bisnis,” ujarnya.

Cornelius Yan berharap semakin banyak mahasiswa ITB yang menekuni perkembangan IT dan juga semakin banyak yang berprestasi dalam bidang ini. Jangan lupa untuk memperbanyak latihan dan rajin untuk mengikuti lomba agar memperkaya pengalaman dalam data mining serta data science. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat