O2SN Tingkat SMK Se-wilayah IV Jabar Digelar di Kabupaten Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wilayah IV Jabar, Dra Otin Martini membuka secara langsung kegiatan perlombaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) se- wilayah IV, Provinsi Jawa Barat di Lapangan Futsal Sport Center Jaya Perkasa, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Kamis (27/6/2019).

Otin mengatakan, kejujuran dan sportifitas merupakan hal yang penting dalam perlombaan. Apalagi atlit yang menjadi peserta saat ini merupakan atlit terbaik yang mewakili sekolah-sekolah di Purwakarta, Subang dan Karawang, di wilayah IV.

“O2SN bertujuan untuk memupuk sportifitas, dalam rangka membangun fisik kuat dan jiwa yang sehat. Para peserta yang hadir sekarang adalah siswa dengan kekuatan, semangat untuk berprestasi dan menjunjung tinggi sportifitas. Untuk juaranya nanti akan bertanding di tingkat provinsi Jawa Barat yang mewakili wilayah IV,” ujar Otin, saat ditemui usai membuka acara O2SN tingkat SMK di wilayah IV, Kamis (27/6/2019).

Baca Juga:  Berikut Beberapa Miracle fruit Bagi Kesehatan Tubuh

Di tempat yang sama, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Purwakarta, Darta mengatakan, O2SN ini diikuti sebanyak 60 SMK yang ada di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

“Untuk saat ini ada 3 cabang olahraga (Cabor) beregu yang akan di gelar, yakni futsal, basket dan volly. Nah untuk cabor perorangan nanti langsung di lombakan di tingkat Provinsi Jawa Barat sebagai perwakilan Kabupaten, untuk sekarang mencari juara untuk mewakili wilayah IV di tingkat provinsi Jawa Barat nanti,” kata Darta, yang juga Ketua panitia acara O2SN di wilayah IV.

Baca Juga:  Pebulu Tangkis Jepang Meriahkan Djarum Flypower Walikota Cup

Darta menambahkan tujuan O2SN adalah, untuk menumbuh kembangkan iklim kompetensi yang sehat di lingkungan siswa SMK yang ada di Purwakarta maupun di wilayah IV.

“Selain itu, kita menjaring siswa unggul pada jenjang pendidikan SMK dalam bidang olahraga untuk kompetensi tingkat Jawa Barat nanti,” ujarnya.

Baca Juga:  Begini Cara Mengusir Monyet Liar Yang Masuk Pemukiman Warga

O2SN ini juga, lanjut dia, untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan siswa SMK secara jasmani maupun rohani, meningkatkan motivasi siswa SMK dalam menguasaan bidang olahraga.

“O2SN ini juga mamacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan, khususnya bidang olahraga, pada jenjang SMK, serta meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda, dan meningkatkan kreativitas siswa jenjang SMK. Yang terpenting para siswa SMK dapat menjelaskan, dan menyebarluaskan sikap dan prilaku yang mejunjung tinggi nilai-nilai luhur keolahragaan (olympism), yaitu saling menghormati, keunggulan, dan persahabatan,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat