Terdampak Kekeringan, Lahan Pertanian di Garut Mulai Dilanda Kekeringan

JABARNEWS | GARUT – Sebagian lahan pertanian di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai mengalami kekeringan karena terdampak musim kemarau. Kekeringan yang melanda lahan pertanian tersebut , tersebar di wilayah Garut bagian selatan dan bagian utara.

“Dampak kemarau ini sangat berpengaruh pada persediaan air, akibatnya lahan pertanian ada yang kekeringan sedang, ringan dan berat,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Dinas Pertanian Kabupaten Garut Deni Herdiana kepada wartawan di Garut, Kamis (27/6/2019).

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Berharap Hipmi Purwakarta Ajak Anak Muda Bergerak Dalam Dunia Usaha

Di Kabupaten Garut, ia menjelaskan, 470 hektare lahan mengalami kekeringan ringan, 214 hektare mengalami kekeringan sedang, 153 hektare lahan mengalami kekeringan berat, dan lima hektare lahan pertanian gagal panen akibat kekeringan.

Baca Juga:  Waspada! Tiga Penyakit Berbahaya Ini Sering Dianggap Gejala Masuk Angin

Areal persawahan yang dilanda kekeringan, dia melanjutkan, berada di wilayah Garut bagian selatan seperti Kecamatan Bungbulang, Cikelet dan Pameungpeuk serta daerah utara seperti Leuwigoong, Cibatu, dan Cibiuk.

Dinas Pertanian Kabupaten Garut mengerahkan petugas untuk mendata daerah pertanian yang kena dampak kekeringan serta melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya.

Baca Juga:  Jadi Tempat Ngabuburit, Masjid Bambu di Tengah Kota Cirebon Terlihat Sangat Sejuk

“Kita melakukan pendataan lalu melakukan pengaturan aliran air dan mencari sumber mata air dan program pompanisasi di daerah yang dilanda kekeringan,” kata Deni. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat