Dansektor 14 Ajak Ratusan Pelajar di Kecamatan Sukasari menjaga DAS Citarum

JABARNEWS | PURWAKARTA – Makin gencarnya program Citarum Harum, maka semangat satgas pun semakin membara. Dengan tanggungjawab penuh demi suksesnya program, untuk mencapai Sungai Citarum indah dan bersih.

Semangat tersebut seperti yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Sektor 14 Citarum Harum. Dengan mengajak ratusan pelajar yang ada di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, dan memberikan sosialisasi tentang Citarum Harum.

“Tujuan dari sosialisasi adalah untuk membentuk mindset atau pikiran para siswa dan siswi, agar tidak lagi membuang sampah ke sungai citarum, dan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Agar bisa dimanfaatkan oleh siswa dan siswi serta masyarakat,” ujar Dansektor 14 Satgas Citarum Harum, Kolonel kav Purwadi, saat ditemui usai kegiatan sosialisasi di SMAN 1 Sukasari, Jumat (28/6/2019).

Baca Juga:  Inilah Pemenang Moka Kabupaten Purwakarta 2018

Dengan adanya sosialisasi program Citarum Harum ke sekolah, Purwadi berharap, tidak ada lagi siswa-siswi yang membuang sampah ke sungai Citarum.

“Kita harapkan para siswa dan siswi bisa bekerja sama dengan Satgas Citarum Harum, untuk menyelesaikan masalah yang sering dilakukan oleh para siswa-siswi. Kedepan, tidak ada lagi para siswa dan siswi membuang sampah dan buang hajat (BAB) ke sungai. Yang terpenting untuk yang ikut sosialisasi ini, bisa menyampaikannya kembali kepada kerabat, orang tua dan teman-temannya untuk bersama-sama menjaga kebersihan DAS Citarum,” harapnya.

Baca Juga:  Tiga Prinsip Parenting Ini Cocok Dilakukan Oleh Ibu Pekerja

Ditempat yang sama, Kepala SMAN 1 Sukasari, Ahmad Riva’i menilai sosialisasi ini sangat bagus. Pasalnya, dengan melakukan sosialisasi di sekolah seperti ini, merupakan upaya merangkul kalangan muda, khususnya kalangan siswa SMA dan SMP untuk turut mendorong suksesnya program Citarum Harum.

Baca Juga:  Disdukcapil Bandung Himbau Warga Segera Lakukan Rekam e-KTP

“Melibatkan kalangan muda dalam suksesnya program-program pemerintah adalah sebuah keharusan. Karena merekalah yang nantinya akan menjadi penerus dan pemegang estafet kehidupan di masa mendatang. Semoga dengan kegiatan ini, maka kesadaran kalangan para siswa untuk turut mendorong program Citarum Harum dapat semakin meningkat, serta kesadaran siswa-siswi akan kebersihan lingkungan juga semakin baik,” kata Ahmad. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat