Pengguna Narkoba Rentan Terinfeksi HIV

JABARNEWS | PURWAKARTA – Human Immunodeficiency Virus (HIV) tidak hanya muncul akibat perilaku seks bebas. Tetapi, para pengguna narkoba jenis apa pun, berpeluang atau rentan terjangkit penyakit HIV/AIDS.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan dalam kegiatan Penanggulangan HIV-AIDS, Narkoba dan PMS, di Aula Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, pada Jumat (26/6/2019).

Menurut Fata, salah satu faktor risiko terkena HIV/AIDS adalah konsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang seperti tramadol dan sebagainya.

Baca Juga:  Fenomena Embun Es Juga Ada Di Gunung Gede

“Mengonsumsi obat-obatan terlarang berperan penting dalam penularan HIV. Terlebih pada pengguna narkoba menggunakan jarum suntik,” kata Fata, dihadapan ratusan remaja yang hadir.

Seseorang yang berada dibawah pengaruh obat tertentu ujar Fata, cenderung melakukan perilaku berisiko. Seperti gonta ganti pasangan, seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi dan berbagi obat atau alat suntik dengan penderita HIV.

“Pengguna narkoba dengan jarum suntik lebih cepat terjangkit, karena terkontaminasi dengan darah. Jadi dalam kegiatan ini sangat penting agar para remaja mengetahui bahaya narkoba dan bisa terinfeksi HIV/AIDS,” jelasnya.

Baca Juga:  J&C Cookies Bidik Pasar Bandung Selatan

Dengan menggandeng Yayasan Resik Purwakarta, lanjut dia, diharapkan, para remaja dapat mengetahui bahaya narkoba dan HIV/AIDS. Sehingga bisa mencegah dan menjauhi. Selain itu, para remaja khususnya di usia sekolah, bisa memahami tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

“Peserta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh pada penyuluhan ini terhadap teman-teman bermain dan lingkungan,” harapnya.

Sementara, Mia septiani (17) salah seorang remaja yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, dengan mengikuti kegiatan seperti ini dirinya menjadi tahu bagaimana cara terhindar dari bahaya narkoba dan supaya tidak terinfeksi HIV/AIDS.

Baca Juga:  Perhatikan Ini! Berikut Beberapa Gejala Penyakit Leukimia

“Saya baru tahu ternyata melalui penyalahgunaan narkoba juga bisa terinfeksi HIV-AIDS. Jadi saya bisa membetengi diri saya pribadi untuk tidak terininfeksi virus yang mengerikan tersebut. Jadi isi hari mu dengan berbagai kegiatan bermakna dalam menggapai cita-cita dan harapan di masa depan yang gemilang,” ucapnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat