Vans Merilis Sneakers Frida Kahlo

JABARNEWS | BANDUNG – Vans kembali merayakan karya seniman legendaris lewat deretan sneakers-nya. Kali ini, giliran pelukis asal Meksiko Frida Kahlo (1907-1954).

Karya-karya Frida Kahlo menjelma dalam tiga sneakers signature Vans di bawah naungan lini premiumnya, Vault by Vans. Ada OG Sk8-Hi LX yang tampil dengan gambar lukisan ‘self-potrait’ Frida dalam palet hijau gelap dan putih.

OG Authentic LX yang bernuansa tropikal dengan gambar semangka khas Frida seperti pada karyanya, ‘Viva La Vida’. Tidak ketinggalan, OG Slip-On LX yang terinspirasi dari lukisan Frida berjudul “Self Portrait With Thorn Necklace and Hummingbird” (1940). Sneakers tersebut dihiasi lukisan wajah Frida dengan lehernya yang dihiasi kalung berduri dan burung yang bergelantungan dari kalung itu.

Baca Juga:  Pilkada Ciamis, 570 Pesantren Diklaim Dukung Iing-Oih


Seperti dikabarkan Footwear News, setiap sneakers dilengkapi sol berfitur ‘vulcanized’. Sementara bagian bantalan pada bagian tumit terbuat dari material kulit yang eksklusif. 

Koleksi ini akan dijual secara global mulai 29 Juni mendatang. Di Indonesia, toko Dope & Dapper sudah mengumumkan lewat Instagram akan menjual sneakers Vans x Frida Kahlo ini. Namun, tidak disebutkan tanggal penjualan dan berapa harganya. 

Baca Juga:  Bom 35 Kg Ditemukan di Kaki Gunung Ciremai, Suara Ledakan Terdengar dari Jarak 10 Km

Berbeda dari koleksi Vincent van Gogh yang disertai koleksi aksesori dan pakaian, Vans hanya melansir sneakers untuk versi Frida Kahlo. 

Semasa hidupnya, Frida Kahlo dikenal sebagai pelukis yang kontroversial. Karya-karnyanya banyak menceritakan tentang relasinya dengan tubuhnya dan kesedihan Frida dalam menjalani hidup sebagai perempuan dan penderita polio.

Aktif di Partai Komunis Meksiko, sosoknya sering dipandang sebagai pelopor feminis pada zamannya karena berhasil mendobrak norma. Frida vokal dalam memperjuangkan kesetaraan gender dengan memakai celana panjang yang pada masa itu tidak lazim bagi kaum perempuan. Asmaranya dengan pria dan wanita turut mewarnai perjalanan hidup pelukis dengan alis yang menyatu itu. 

Baca Juga:  Polres Purwakarta Sosialisasikan Bahaya Narkoba kepada Pengemudi Ojek

Kisah hidup Frida pernah diangkat ke layar lebar dalam film berjudul ‘Frida’ (2002). Berperan sebagai Frida, aktris seksi berdarah Meksiko Salma Hayek. Film tersebut sukses menyabet dua piala Oscar dari enam nominasi di ajang Academy Awards 2003. (Red)


Jabar News | Berita Jawa Barat