Keren! 3 Siswa Asal Mataram Akan Berkompetisi pada World Scholar’s Cup di Australia

JABARNEWS | JAKARTA – Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram (MAN 2 Mataram), yakni Caliana Alula, Khansa Farinda Khalishah, dan Maulana M Fikri, akan berkompitisi dalam ajang World Scholar’s Cup, di Sydney, Australia, pada 15 – 12 Agustus 2019 mendatang.

Guru MAN 2 Mataram sakaligus guru pembimbing tim, Fina Karisma Yanti mengatakan, Fina, kompetisi ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Tim yang ia bimbing tersebut berhak melaju pada babak Global Round, setelah lolos pada regional round (putaran regional) yang diselenggarakan di Bali, pada 8-9 Mei lalu.

Baca Juga:  Duh Razia Sering, Miras Masih Saja Beredar

“Kami adalah satu-satunya peserta dari madrasah, pada putaran regional di Bali. Waktu itu pesertanya berjumlah 219 tim dari sekolah-sekolah Internasional, berbahasa Inggris. Ada yang dari Malaysia, Singapura dan India,” tutur Fina dikutip dari laman resmi Kemenag RI.

Baca Juga:  CPNS Dibuka, Generasi Milenial Antusias Buat SKCK di Polrestabes Bandung

Fina juga menjelaskan bahwa di dalam kompetisi ini ada empat jenis lomba. Pertama ,adalah debat bahasa Inggris. Kedua adalah collaborative writing.

“Ketiga adalah school challenge, semacam olimpiade sains. Temanya dalam schoola challenge ini beragam, mulai dari history, poem, music social studies, science, literature, dan sebagainya. Keempat adalah scholars bowl, semacam cerdas cermat namun diberi soal dan harus menjawab dengan cepat,” jelas Fina.

Baca Juga:  Program Rehabilitasi Hutan Gagal, KPK Mana?

Saat ini, tim dari MAN 2 Mataram ini pun terus berlatih dan mempersiapkan berbagai hal secara intensif. Harapannya, di ajang internasional itu MAN 2 Mataram bisa meraih prestasi manis untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat