Presiden Akan Kembangkan Sektor Pariwisata Situ Bagendit

JABARNEWS | GARUT – Dikenal dengan objek wisata menarik, tak heran setiap musim libur akhir pekan maupun hari raya objek wisata di Kabupaten Garut sering ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, terutama dari Bandung, Jakarta dan kota sekitarnya.

Banyak objek wisata yang menjadi favorit wisatawan dan sudah terkenal yakni pemandian air panas di Cipanas Garut, ada juga objek wisata alam lainnya seperti gunung aktif, air terjun, pantai dan danau alami. Salah satunya adalah wisata danau bernama Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi atau kawasan utara Garut yang dapat ditempuh kendaraan bermotor kurang lebih 20 menit dengan akses jalan cukup lebar dan bagus.

Objek wisata danau Situ Bagendit tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim libur, bahkan sejumlah pejabat negara pernah sengaja berkunjung untuk menikmati keindahan alam wisata Situ Bagendit.

Salah satunya adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada 19 Januari 2019 yang menyempatkan waktu kunjungan negaranya untuk menikmati keindahan Situ Bagendit.

Presiden menyampaikan dukungannya untuk mengembangkan objek wisata danau yang memiliki legenda itu agar lebih banyak diminati dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Bahkan upaya mendorong objek wisata di Jabar, khususnya di Garut, Presiden sempat menyampaikan janjinya untuk masyarakat Garut tentang reaktivasi jalur rel kereta api di Garut, khusus rel itu saat ini sudah mulai tahap pembangunan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Reaktivasi rel kereta api itu bagian untuk menunjang sektor pariwisata di Garut, salah satunya wisata Situ Bagendit agar banyak pengunjung yang bisa datang dengan akses transportasi mobil maupun kereta api.

Baca Juga:  Petakan Dampak Terburuk Covid-19, Polres Banjar Gelar TFG

“Untuk menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru terutama di kawasan-kawasan wisata,” kata Presiden Jokowi yang ditulis wartawan Antara saat kunjungannya ke Cibatu, Garut, 18 Januari 2018.

Tidak lama setelah kunjungan Presiden ke Garut, tiga menteri yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya serta perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkunjung ke objek wisata Situ Bagendit pada 26 April 2019.

Kedatangan para menteri itu tentunya untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dan ingin melihat langsung kondisi wisata hingga akhirnya didorong untuk rencana pengembangan ke depan.

Rencana program pembangunan daerah itu dibahas bersama saat kunjungan kerja para menteri dan Badan Ekonomi Kreatif sebagai bentuk kerja kolaborasi dalam membangun pariwisata di Jabar, khususnya Situ Bagendit menjadi wisata kelas dunia.

“Ini kerja kolaborasi, membuat pariwisata di Jawa Barat ini sebagai pusat pariwisata internasional,” kata Sri Mulyani saat kunjungannya waktu itu.

Pemerintah pusat itu ditunjukkan keseriusannya dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar ditambah dari Pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp30 miliar yang ditargetkan tahun 2020 sudah tampak perubahan pada wisata danau itu.

Janji pemerintah pusat itu tentu dinanti-nanti masyarakat Garut yang ingin melihat perubahan Situ Bagendit setelah diperhatikan oleh Presiden Jokowi dengan harapan memberikan dampak positif untuk masyarakat, terutama dalam menumbuhkan perekonomian.

Baca Juga:  Inilah Daftar 53 Penerima Bintang Jasa Jokowi

Kepala Desa Banyuresmi, Ahmad Hidayat yang ikut serta dalam mengelola objek wisata Situ Bagendit mengungkapkan, program pemerintah pusat yang akan membenahi Situ Bagendit itu merupakan suatu hal yang diharapkan warga Banyuresmi agar lebih bagus, nyaman dan menarik.

“Memang program membangun Situ Bagendit ini sangat diidamkan masyarakat Banyuresmi karena akan memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi masyarakat,” katanya.

Presiden Indonesia Joko Widodo termasuk sejumlah menteri yang pernah hadir ke Situ Bagendit itu telah menyampaikan program untuk membenahi wisata danau di Garut agar lebih menarik atau memiliki nilai sebagai wisata kelas dunia.

Ahmad menceritakan sejarah danau Bagendit itu sengaja dibangun pada zaman pemerintahan Kolonial, selain memberikan nilai keindahan juga memberikan kehidupan bagi masyarakat sekitar, khususnya untuk kebutuhan air bagi masyarakat yang bertani.

Menurut dia, selayaknya Situ Bagendit itu menjadi wisata kelas dunia yang akan mampu mengangkat nama Indonesia di sektor pariwisata, sekaligus bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

“Kami tentunya sebagai kepala desa di sini sangat berterima kasih menjadikan Situ Bagendit di Banyuresmi ini dilakukan penataan bertaraf internasional,” katanya.

Tidak hanya konsentrasi pada pengembangan sektor pariwisata, pemerintah juga, kata Ahmad, rencananya akan membangun tempat pertunjukan seni yang akan menghibur para pengunjung.

Ia berharap, sarana dan prasarana lain untuk wisata alam itu yakni adanya tempat penginapan berkonsep alami untuk wisatawan yang ingin bermalam menikmati keindahan danau dan alam yang masih asri.

Baca Juga:  Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Irigasi Tarum Timur

“Kami juga berharap di Situ Bagendit ini ada tempat penginapan agar wisatawan yang jauh bisa bermalam di sini menikmati pemandangan danau,” katanya.

Sejumlah warga Garut juga mengharapkan objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi dapat terwujud menjadi wisata kelas dunia seperti yang sudah dijanjikan oleh pemerintah pusat agar Garut semakin terkenal dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Garut.

Seorang warga Garut, Agus mengungkapkan, program yang dijanjikan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Garut salah satunya akan mengembangkan wisata Situ Bagendit dapat terealisasi.

Meskipun di Kabupaten Garut meraih suara kalah dalam Pemilihan Presiden April 2019, Agus berharap tidak menjadikan Presiden Jokowi membatalkan program itu, melainkan tetap semangat membangun Indonesia secara merata.

“Kami berharap pemerintah pusat tetap memperhatikan Kabupaten Garut, dengan merealisasikan programnya seperti mengembangkan wisata, termasuk membangun Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya),” kata Agus.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut akan menjaga objek wisata Situ Bagendit agar tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Adanya program pengembangan wisata dari pemerintah pusat itu tentu menjadi kebanggaan pemerintah daerah karena akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Garut.

Bahkan, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Budi Gan Gan, setelah kehadiran Presiden Indonesia dan para menteri ke Situ Bagendit akan menjadi sejarah baru sehingga menambah daya tarik dan mendongkrak tingkat kunjungan ke destinasi wisata Garut tersebut. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat