Pelaksanaan PPDB Diserahkan ke Pemda

JABARNEWS | JAKARTA – Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khamim mengatakan pelaksanaan teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Kewenangan ada di pemerintah daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku apakah nanti buka rombongan belajar baru atau tidak, itu sepenuhnya pada Pemda,” ujar Khamim di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Hal tersebut sesuai dengan Permendikbud 20 tahun 2019 revisi dari Permendikbud 51/ 2018 tentang pelaksanaan PPDB.

Baca Juga:  Sempat Menghalangi Jalan, Pohon Besar di Cianjur Tumbang

Sebelumnya, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Lohbener, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, membuka rombongan belajar khusus baru guna menampung 24 siswa dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sukasari, Kecamatan Arahan.

Alasan pembukaan rombongan belajar baru tersebut untuk memfasilitasi seluruh siswa dari SDN 2 Sukasari yang mendaftar ke SMPN 1 Lohbener. Hal itu dikarenakan jarak tempuh lokasi SDN 2 Sukasari berada lebih dekat ke SMPN 1 Lohbener daripada ke SMPN 1 Arahan.

Baca Juga:  Gugatan Cerai Bupati Purwakarta Dikabulkan, Hakim: Anne Ratna Mustika dan Dedi Mulyadi Sudah Tidak Harmonis

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Supardo, mengatakan, sejak awal sebanyak 24 siswa yang berasal dari SDN 2 Sukasari memang mendaftarkan diri ke SMPN 1 Lohbener pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2019.

“Mereka tidak mendaftar ke SMPN 1 Arahan karena lokasinya lebih jauh dari rumah,” kata Supardo

Baca Juga:  Pengakuan Joko Driyono

Hal itu dikarenakan kuota siswa baru di SMPN 1 Lohbener terbatas maka awalnya mereka tidak tertampung di sana. Akhirnya para orang tua dari 24 siswa tersebut melakukan musyawarah bersama Dinas Pendidikan dan dari satuan pendidikan terkait.

“Mereka merasa tidak terlayani karena belum ada satuan pendidikan (SMP Negeri) yang jaraknya dekat dengan rumah mereka,” lanjut Supardo. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat