aqua

Keren! Tiap Hari Nanggewer Suplai 5 Ton Jeruk Limo

Jeruk limo menjadi komoditas unggulan di Desa Nanggewer, Kab. Majalengka. Tak tanggung-tanggung petani disana dapat menyuplai 5 ton jeruk limo setiap harinya.

Salah satu sudut kebun jeruk limo di wilayah Sukahaji, Kabupaten Majalengka. (Foto: Erik/Jabarnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - ‎Sedikitnya tercatat 5 ton jeruk limo hasil petani Nanggewer per-harinya dikirim ke luar wilayah. Jeruk yang bentuknya lebih kecil dari jeruk nipis ini‎, cukup banyak ditanam di wilayah Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, terutama di Desa Nanggewer. Jeruk mungil ini paling jauh dikirim ke wilayah pasar terbesar di Surabaya.

Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Sukahaji‎, Mumuh Muhidin mengatakan, wilayah Sukahaji memang terkenal dengan sentra pembibitan tanaman. Tak hanya itu, banyak pula petani yang menanam jeruk limo di atas lahannya.

Baca Juga:

Lima Korban Luka Berat Kecelakaan Tol Cipali di RS Mitra Plumbon

Ratusan Karyawan di Majalengka Kena PHK, Ini Kata Disnaker KUKM



"Sehingga di Desa Naggewer terkenal dengan produksi jeruk limonya yang melimpah. Setiap hari secara rutin menyuplai 5 ton ke wilayah luar. Dan dikirim ke Surabaya dan Kramat Jati," ujarnya, saat ditemui di stand Majalengka Ekspo, Pasar Lama Majalengka Wetan, Selasa (2/7/2019).

Mumuh menambahkan, Desa Nanggewer tercatat mempunyai 30 hektar lahan yang khusus dibudidayakan untuk jeruk limo. Dari puluhan hektar lahan tersebut dikelola oleh 20 bandar yang mempekerjakan masyarakat setempat.

"Jeruk Limo ini adalah produk unggulan ‎Nanggewer. Dan akan terus dipertahankan, bahkan akan dikembangkan ke produk-produk yang lebih inovatif, dengan bahan dasar jeruk limo," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kabupaten Majalengka Kecamatan Sukahaji Jeruk Limo

berita terkait

Unik! Polisi Di Majalengka Bagikan Masker Pakai Kostum Wayang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi