bjb

Kemenkes: Persiapkan Kesehatan Agar Ibadah Haji Lancar

Para calon Haji asal Indonesia. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Eka Yusuf Singka mengajak calon haji Indonesia untuk mempersiapkan sedini mungkin kondisi fisik sebelum berangkat haji ke Mekkah dan Madinah.

"Perlu pengendalian faktor risiko," kata dia usai temu media Kesiapan Kemenkes Jelang Musim Haji Tahun 2019 di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan jamaah juga harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi alam di Arab Saudi nanti jika sudah berada di Tanah Suci.

Kondisi alam Saudi, sebut dia sangat berbeda dengan di Indonesia yaitu lebih terik, udara kering, dan cuaca panas. Bagi jamaah yang tidak mempersiapkan diri dapat mengalami gangguan kesehatan serius jika tidak diantisipasi.

Beberapa hal bisa dilakukan jamaah dengan mempersiapkan kebugarannya sejak dari Tanah Air dengan pola hidup yang sehat, lanjut dia.

Baca Juga:

Ada Relawan Demokrasi, KPU Majalengka: Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Nathan Bocah Penderita Flek Paru Di Purwakarta Yang Sempet Viral, Ini Kondisinya

Panduan penting jamaah, menurutnya berupa pengendalian faktor resiko bahwa manusia tidak bisa merubah alam tapi calon haji yang harus menyesuaikan diri.

Penyesuaian diri, kata dia bisa dengan menerapkan pola makan memperbanyak cairan, istirahat cukup, menggunakan alat pengaman diri (APD) dan hal terkait lainnya.

"Kalau disana panas pakai payung, lapar makan dan sebagainya," pungkas dia. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Keberangkatan Haji Persiapan Haji Kemeterian Kesehatan
properti

berita terkait

Wow! Foya-foyanya Kaum Tajir

BTN Dukung Program BUMN Dalam Islamic Nexgen Fest 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi