Kemenkes: Persiapkan Kesehatan Agar Ibadah Haji Lancar

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Eka Yusuf Singka mengajak calon haji Indonesia untuk mempersiapkan sedini mungkin kondisi fisik sebelum berangkat haji ke Mekkah dan Madinah.

“Perlu pengendalian faktor risiko,” kata dia usai temu media Kesiapan Kemenkes Jelang Musim Haji Tahun 2019 di Jakarta, Selasa.

Baca Juga:  Polres Serdang Bedagai Sita Sabu 25 Kilogram Dari Kurir Warga Aceh

Dia menambahkan jamaah juga harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi alam di Arab Saudi nanti jika sudah berada di Tanah Suci.

Kondisi alam Saudi, sebut dia sangat berbeda dengan di Indonesia yaitu lebih terik, udara kering, dan cuaca panas. Bagi jamaah yang tidak mempersiapkan diri dapat mengalami gangguan kesehatan serius jika tidak diantisipasi.

Baca Juga:  Sebanyak 80 ASN di Lingkungan Pemkab Cirebon Dilantik, Imron Minta Jaga Gaya Hidup

Beberapa hal bisa dilakukan jamaah dengan mempersiapkan kebugarannya sejak dari Tanah Air dengan pola hidup yang sehat, lanjut dia.

Panduan penting jamaah, menurutnya berupa pengendalian faktor resiko bahwa manusia tidak bisa merubah alam tapi calon haji yang harus menyesuaikan diri.

Baca Juga:  Beraksi di Tempat Wisata, Seorang Pria Diamankan Polisi Purwakarta

Penyesuaian diri, kata dia bisa dengan menerapkan pola makan memperbanyak cairan, istirahat cukup, menggunakan alat pengaman diri (APD) dan hal terkait lainnya.

“Kalau disana panas pakai payung, lapar makan dan sebagainya,” pungkas dia. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat