aqua

50% Dari Ratusan Pengidap HIV-AIDS di Purwakarta Adalah Pemuda

Penyebaran HIV-AIDS yang meningkat setiap tahunnya, maka pengendalian dan pencegahan HIV-AIDS harus lebih cermat, fokus dan terencana.

HIV-AIDS. (Ilustrasi: Net)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Penyakit AIDS yang diakibatkan virus HIV adalah gangguan kesehatan yang menjadi momok bagi siapa pun. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, lebih dari 50% pengidap HIV-AIDS di Kabupaten Purwakarta yang terindikasi, rentang usia 16-30 tahun.

"Ini cukup mengejutkan. Persoalan penanggulangan dan pencegahan HIV-AIDS perlu penanganan serius dan komprehensif, lintas sektor dan sinergis antar instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat itu sendiri. Kata kuncinya komitmen dan koordinasi," kata Kabid Kepemudaan, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Immamulhaq, Selasa (2/7/2019).

Baca Juga:

DPPKB Purwakarta: Tingkatkan SDM Mulai Dari Keluarga

Disdik Purwakarta Tidak Terapkan Calistung Untuk Syarat Masuk SD



Menurutnya, HIV-AIDS Ini bukan hanya karena risiko kesehatan yang harus dihadapi, tapi juga stigma negatif masyarakat yang diarahkan kepada pengidap HIV/AIDS sangat keliru.

Penderita HIV/AIDS kerap diasosiasikan sebagai seseorang yang memiliki lingkup pergaulan seksual bebas dan tidak sehat, misalnya tunasusila dan mereka yang menggunakan jasanya.

"Padahal tidak selalu penderita HIV/AIDS merupakan seseorang yang memiliki citra negatif, karena anak-anak yang masih polos pun bisa menjadi korban virus ini," jelas Arif sapaan karibnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : HIV-AIDS Dinas Kesehatan Disporabud Kabupaten Purwakarta

berita terkait

Kasus DBD Di Ciamis Meningkat, Status KLB Belum Juga Ditetapkan

Antisipati DBD, Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Imbau Warga Lakukan Ini

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi