bjb
itcbet

Woww! Peneliti ITB Temukan Inovasi Pemulihan Tanah yang Tercemar Limbah Minyak

Peniliti ITB, Dr. Ir. Edwan Kardena berhasil menemukan inovasi pemulihan tanah yang tercemar limbah minyak. (Foto: itb.ac.id)

JABARNEWS | BANDUNG - Pencemaran minyak di lingkungan sekitar telah menjadi ancaman bagi ekosistem dan manusia. Sebab dalam limbah minyak terdapat hidrokarbon minyak bumi yang bersifat racun, mutagenic (menyebabkan perubahan kromosom dalam yang dapat merubah genetika), dan bahkan karsinogenik (penyebab sel kanker).

Melihat problematika ini, Dr. Ir. Edwan Kardena, Dr. Qomarudin Helmy dan Yodi Ilyas yang merupakan peneliti dari Kelompok Keahlian Rekayasa Air dan Limbah Cair, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB menawarkan teknologi bioremediasi sebagai solusi atas permasalahan tersebut.



Bioremediasi merupakan suatu proses pemulihan (remediasi) lahan yang tercemar limbah organik maupun limbah anorganik dengan memanfaatkan organisme.

Teknologi bioremediasi ini menggunakan mikroba non-patogenik yang dapat diaplikasikan untuk pemulihan lahan yang tercemar limbah minyak bumi. Bioremediasi ini juga dinilai relatif lebih murah, efektif, dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan teknologi remediasi minyak bumi lainnya.
Halaman selanjutnya
Tags : Petroleum Remediating Agent PETREA Limbah Minyak ITB Peneliti ITB

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi