Krisis Air Bersih

JABARNEWS | KARIKATUR – Krisis air bersih bukanlah permasalahan baru bagi bangsa ini. Setiap tahunnya masalah ini bisa dikatakan bukan menjadi hal aneh lagi. Khususnya di musim kemarau, beberapa warga dibeberapa daerah terlihat kesulitan mencara sumber air.

Hal ini tentunya menjadi PR untuk kita semua khususnya pemerintah. Pasalnya air bersih merupakan kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satu hambatan yang dialami masyarakat terkait sulitnya mendapatkan air bersih adalah pemanfaatan yang tidak optimal terhadap sumber mata air seperti sungai dan danau.

Baca Juga:  Rusia Dukung Keputusan AS Tarik Pasukan dari Suriah

Hal ini tidak lain dikarenakan oleh kebiasaan kurang baiknya masyarakat menjaga kebersihan bantaran sungai. Padahal sungai dapat menjadi salah satu sumber penyedia air bersih.

Baca Juga:  Vaksinasi Anak di Kabupaten Purwakarta Sudah Dimulai, Ini Targetnya

Pada saat ini keadaan bumi sangat memprihatinkan, karena manusia tidak henti-hentinya merusak alam. Pemanasan global, kerusakan hutan, dan industri memperparah kondisi. Seolah menutup rapat sumber mata air dalam tanah, dan kemarau bukanlah satu-satunya hal yang menyebabkan terjadinya krisis air. (Dod)

Baca Juga:  Kemendes PDTT Targetkan Desa Tertinggal Alami Penurunan di Tahun 2019

Jabar News | Berita Jawa Barat