Mahasiswa UB Ciptakan Pencegah Bau Mulut Alami dari Biji Pepaya dan Propolis

B-Spray, produk natural semprotan anti septik mulut yang terbuat dari biji papaya dan propolis. (Foto: ub.ac.id)

JABARNEWS | MALANG – Inovasi baru untuk mencegah bau mulut alami kini hadir, yakni B-Sprey. Produk natural semprotan anti septik mulut yang terbuat dari biji papaya dan propolis, hasil ramuan lima mahasiswa dari beberapa fakultas di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

"Bahan alami yang dapat digunakan dalam formulasi obat kumur adalah bahan-bahan yang mengandung senyawa antibakteri," kata mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Fidhatul Fajrika Julian di Malang, Kamis (4/7/2019).

Baca Juga:

Maikel, Dambakan Perhatian Pemerintah

1.000 Pohon Dari Moonraker Untuk Masyarakat Cipatujah



Fidha mengatakan propolis dapat diperoleh dari sarang lebah Trigona sp. Propolis mengandung flavonoid dan berkhasiat sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, antioksidan, antiinflamasi dan kariostatik.

Sementara biji pepaya (Carica papaya) mengandung terpenoid, karpain, dan flavonoid. Senyawa yang terkandung dalam biji pepaya dapat membunuh bakteri dengan merusak integritas membran sel bakteri.

"Kami mengombinasikan dua bahan alami tersebut menjadi produk natural antiseptic mouth spray (semprotan antiseptik mulut) yang diberi nama B-SPRAY untuk mencegah bau mulut," kata Fidha.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : B-Spray Anti Septik Pencegah Bau Mulut UB

berita terkait

Pengamat: Prabowo Minim Ide Baru Di Debat Kedua

Provid, Produk Perawatan Rambut dari Bulu Ayam Buatan Mahasiswa UB

Mencoba Kabur, Bandar Narkoba di Sergai Ditembak Polisi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi