Mahasiswa UB Ciptakan Pencegah Bau Mulut Alami dari Biji Pepaya dan Propolis

JABARNEWS | MALANG – Inovasi baru untuk mencegah bau mulut alami kini hadir, yakni B-Sprey. Produk natural semprotan anti septik mulut yang terbuat dari biji papaya dan propolis, hasil ramuan lima mahasiswa dari beberapa fakultas di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

“Bahan alami yang dapat digunakan dalam formulasi obat kumur adalah bahan-bahan yang mengandung senyawa antibakteri,” kata mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Fidhatul Fajrika Julian di Malang, Kamis (4/7/2019).

Baca Juga:  Begini Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Pada Idul Adha

Fidha mengatakan propolis dapat diperoleh dari sarang lebah Trigona sp. Propolis mengandung flavonoid dan berkhasiat sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, antioksidan, antiinflamasi dan kariostatik.

Sementara biji pepaya (Carica papaya) mengandung terpenoid, karpain, dan flavonoid. Senyawa yang terkandung dalam biji pepaya dapat membunuh bakteri dengan merusak integritas membran sel bakteri.

Baca Juga:  475 Napi Di Jawa Barat Dapat Remisi Natal, 7 Orang Bebas

“Kami mengombinasikan dua bahan alami tersebut menjadi produk natural antiseptic mouth spray (semprotan antiseptik mulut) yang diberi nama B-SPRAY untuk mencegah bau mulut,” kata Fidha.

Ia mengatakan produk pencegah bau mulut itu sudah menjalani uji aktivitas antibakteri, uji Total Plate Count untuk mengetahui jumlah mikroba, dan uji organoleptik. Produk dengan pilihan rasa jeruk, apel dan sirsak itu bisa menjadi pilihan aman untuk mengatasi masalah bau mulut.

Baca Juga:  Tentang "Mang Jabar"

“Potensi komersialisasi B-SPRAY cukup terbuka mengingat kebutuhan obat-obatan alami dalam industri farmasi sangat tinggi seiring dengan imbauan dari Kementerian Kesehatan RI agar masyarakat beralih menggunakan obat-obatan alami,” kata Fidha, yang meramu B-SPRAY bersama Afina Muti’ah Tuhepaly, Pranaya Arya Satya, Ahmad Ghozali, dan Wenning Firda Sari. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat