Ini 11 Trayek Angkutan Umum yang Terdampak Rekayasa Jalan Sukajadi dan Cipaganti

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung akan menjalankan uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti mulai 11 Juli mendatang. Sebanyak 11 trayek angkutan umum akan terdampak dari adanya rekayasa lalu lintas searah yang akan diterapkan di dua jalan tersebut.

Namun, Kepala Seksi Manajemen Transportasi Dishub Kota Bandung, Sultoni, mengatakan sejumlah angkutan umum yang akan terdampak tersebut mengaku akan mendukung rencana rekayasa tersebut demi mengurai kepadatan lalu lintas.

“Koperasi angkutan umum sudah dikoordinasikan. Mereka siap menyesuaikan rutenya. Damri juga sudah rapat koordinasi dan siap mendukung dan siap mengalihkan rutenya,” kata Sultoni di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (4/7/2019)

Baca Juga:  Polri Selidiki Oknum Polisi Pukuli Warga Tamansari Bandung

Sejumlah trayek angkot tersebut di antaranya Abdul Muis-Ledeng, Cicaheum-Ledeng, Cicaheum-Ciroyom, Margahayu Raya-Ledeng, Sederhana-Cipagalo, Cibaduyut-Karang Setra, St. Hall-Ciumbuleuit via Eyckman, kemudian St. Hall-Ciumbuleit via Cihampelas, selanjutnya Ciroyom-Sarijadi via Sukajadi, kemudian Ciroyom-Sarijadi via Setrasari Mall, serta terdapat Damri jurusan Leuwi Panjang-Ledeng.

Selain itu Sultoni juga mengatakan pihaknya telah mempertimbangkan dampaknya kepada masyarakat yang menggunakan transportasi umum tersebut. Menurutnya, para pengguna angkutan umum saat ini kebanyakan diisi oleh pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga:  Dua Begal Asal Sergai Ditangkap Polisi, Ada yang Dihadiahi Timah Panas

Sesuai dengan rencana sebelumnya, kata dia, Jalan Sukajadi akan menjadi satu arah dari Jalan Pasteur ke Jalan Setiabudi. Kemudian perubahan besar lainnya yakni arus Jalan Cipaganti yang dibalik arahnya menjadi dari Jalan Setiabudi menuju ke Pasteur dengan tetap dipertahankan satu arah.

“Rekayasa mulai 11 Juli hingga 18 Juli. Setelah itu dievaluasi. Kalau melihat simulasi kemungkinan bisa dilaksanakan, hanya saja perlu penyempurnaan karena tidak bisa sekali uji coba langsung jadi, kita ingin lalu lintas di Kota Bandung lancar,” kata dia.

Sultoni juga memaparkan, rekayasa kawasan Sukajadi juga berdampak terhadap lokasi parkir. Sejumlah tempat parkir resmi bakal turut dievaluasi, sedangkan area parkir liar akan ditertibkan.

Baca Juga:  Komnas HAM: Polri Dipersilahkan Ungkap Hasil Investigasi Kerusuhan 21-22 Mei

“Parkir akan kita benahi dan sesuaikan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo, mengatakan pihaknya beserta Dishub akan memaksimalkan rencana rekayasa kawasan Sukajadi secara detail. Selain pemasangan rambu, sejumlah petugas khusus juga akan ditempatkan di beberapa titik rawan yang mengalami perubahan.

“Kita juga akan menempatkan sejumlah personil di titik-titik rawan kemacetan,” tuturnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat