bjb

KPPU Lakukan Investigasi Terhadap Google dan Facebook

Facebook menjadi salah satu perusahaan di samping Google yang tengah diinvestigasi KPPU Inggris. (Foto: ilustrasi)

JABARNEWS | BANDUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Inggris memulai investigasi terhadap Google dan Facebook. Kedua perusahaan teknologi asal AS itu dinilai memonopoli iklan digital di negara tersebut.

Dilansir CNBC, Kamis (4/7/2019), KPPU Inggris tengah mengkaji dugaan platform Google dan Facebook merugikan konsumen karena telah menciptakan persaingan yang tidak sehat di pasar iklan digital Inggris. Pasalnya, Google dan Facebook menguasai pendapatan iklan digital di negara tersebut dengan porsi 61 persen.

Secara spesifik, lembaga watchdog itu tengah mengkaji keluhan masyarakat yang tidak memiliki kontrol penuh atas data mereka dan bagaimana data itu kemudian dimonetisasi di platform online. Selain itu, dominasi Google dan Facebook dalam pasar iklan digital juga diduga menciptakan penghalang (barrier) yang tinggi bagi calon pesaing.

"Meski platform tersebut menawarkan layanan yang sepenuhnya gratis, pasar yang kompetitif mungkin akan menghasilkan situasi di mana konsumen harus dibayar atas data mereka atau konsumen memiliki kontrol yang lebih besar atas data yang digunakan," kata KPPU Inggris dalam pernyataan resmi.

Baca Juga:

Transaksi VCS Menjamur di Facebook

Dibandingkan FaceApp, Aplikasi Ini Lebih Berbahaya Menurut Pakar

Investigasi KPPU yang terbaru ini memperkuat posisi pemerintah Inggris sebelumnya merekomendasikan agar perusahaan seperti Google, Facebook, Amazon, Apple, dan Microsoft menjadi subjek aturan antimonopoli yang baru. Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond mendesak KPPU Inggris untuk menginvestigasi pasar iklan digital.

KPPU Inggris menyatakan, hasil investigasi akhir akan diumumumkan selambat-lambatnya 2 Juli 2020. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Facebook Google. Investigasi Memonopoli Iklan Komisi Pengawas Persaingan Usaha KPPU Inggris
properti

berita terkait

Waspada Akun Facebook Palsu Gentayangan

Hati-Hati Ada Akun Facebook Palsu Wakil Bupati Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi