bjb

KPPU Lakukan Investigasi Terhadap Google dan Facebook

Facebook menjadi salah satu perusahaan di samping Google yang tengah diinvestigasi KPPU Inggris. (Foto: ilustrasi)

JABARNEWS | BANDUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Inggris memulai investigasi terhadap Google dan Facebook. Kedua perusahaan teknologi asal AS itu dinilai memonopoli iklan digital di negara tersebut.

Dilansir CNBC, Kamis (4/7/2019), KPPU Inggris tengah mengkaji dugaan platform Google dan Facebook merugikan konsumen karena telah menciptakan persaingan yang tidak sehat di pasar iklan digital Inggris. Pasalnya, Google dan Facebook menguasai pendapatan iklan digital di negara tersebut dengan porsi 61 persen.

Baca Juga:

Dicekoki Miras, Gadis 16 Tahun Asal Cirebon Digilir 5 Pemuda

Transaksi VCS Menjamur di Facebook



Secara spesifik, lembaga watchdog itu tengah mengkaji keluhan masyarakat yang tidak memiliki kontrol penuh atas data mereka dan bagaimana data itu kemudian dimonetisasi di platform online. Selain itu, dominasi Google dan Facebook dalam pasar iklan digital juga diduga menciptakan penghalang (barrier) yang tinggi bagi calon pesaing.

"Meski platform tersebut menawarkan layanan yang sepenuhnya gratis, pasar yang kompetitif mungkin akan menghasilkan situasi di mana konsumen harus dibayar atas data mereka atau konsumen memiliki kontrol yang lebih besar atas data yang digunakan," kata KPPU Inggris dalam pernyataan resmi.
Halaman selanjutnya
Tags : Facebook Google. Investigasi Memonopoli Iklan Komisi Pengawas Persaingan Usaha KPPU Inggris

berita terkait

Waspada Akun Facebook Palsu Gentayangan

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi