bjb

Ini Arti Lambang Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad

Lambang Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad. (Istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Batalyon Artileri Medan 9/2/1 Kostrad atau dikenal dengan Yonarmed 9 Pasopati Kostrad memiliki gambar sarang tawon dan panah yang terpampang pada lambang pasukan ini.

Ingin tau arti lambang Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, begini penjelasan Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi.

"Batalyon yang berada di bawah Resimen Armed 2/1 Kostrad ini sebagai Satuan Banpur (Bantuan Tempur) yang memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya kepada Satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan atau menetralisir (melumpuhkan) sasaran-sasaran yang mengganggu tercapainya tugas satuan yang dibantu tersebut," Jelas Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi, saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Jumat (5/6/2019).

Andi menjelaskan, dalam logo Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad ini ada Sarang Tawon dengan jumlah 32. gambar berbentuk Sarang tawon berjumlah 32 diartikan laras peluncur roket.

"Di tengah sarang tawon itu, ada gambar panah. Panah Pasopati diartikan senjata Arjuna, salah satu tokoh dalam pewayangan yang mempunyai keampuhan luar biasa, jika satu kali dilepaskan dari busurnya keluarlah ribuan anak panah," ujarnya.

Andi menjelaskan, persilangan anak panah yang memotong sarang tawon secara diagonal dari kanan ke kiri menunjukan bahwa senjata roket merupakan senjata lintas lengkung.

"Dalam lambang juga terdapat 4 warna, hijau, kuning putih dan hitam. Dari ke 4 warna tersebut memiliki arti masing-masing. Hijau melambangkan kesuburan kemakmuran. Kuning melambangkan kejayaan dan keluhuran. Sedangkan warna putih melambangkan kesucian., dan hitam melambangkan kekokohan dan keabadian," jelas Andi.
Baca Juga:

TKW Asal Purwakarta Yang Alami Tindak Kekerasan Di Abu Dhabi Segera Dipulangkan

Tempat Usaha Di Purwakarta Akan Dipasang Tapping Box


Untuk motto Wira Prakarsa Bhakti, kata Andi, diartikan prajurit ksatria dan mempunyai cita-cita didalam pengabdiannya untuk nusa dan bangsa.

Wira Prakarsa Bhakti, memiliki arti, Wira berarti ksatria, Prakarsa berarti keinginan atau cita-cita yang luhur, dan Bhakti berarti mengabdi.

“Prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, dengan dilandasi jiwa Sapta Marga dan Siap Siaga di dalam melaksanakan perjuangan, untuk mengemban tugas negara demi kepentingan nusa dan bangsa, pantang menyerah dalam menghadapi segala macam bentuk serangan musuh, demi menjunjung tinggi martabat bangsa dan negara Indonesia," papar Andi. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi