Presiden Jokowi Didesak Gabungan LSM Berikan Amnesti Untuk Baiq Nuril

Kuasa hukum Baiq Nuril, Aziz Fauzi (dua dari kiri) dan Ketua LBH Pers Ade Wahyudin (tiga dari kiri) saat diwawancarai awak media, merespon MA menolak PK Baiq Nuril di Kantor LBH Pers, di Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019). (Foto: Ara/Red)

JABARNEWS | JAKARTA - Presiden Jokowi didesak Koalisi Masyarakat Sipil yang mewadahi sejumlah lembaga swadaya masyarakat untuk memberikan amnesti kepada Baiq Nuril setelah Mahkamah Agung menolak perkara Peninjauan Kembali (PK).

"Hanya presiden yang bisa memberikan amnesti, tidak ada jalan lain. Hanya ini yang bisa menghapuskan akibat hukum," kata peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Genoveva Alicia di LBH Pers, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019).

Baca Juga:

Presiden Jokowi Persilakan Baiq Nuril Ajukan Amnesti

PBNU Prihatin MA Tolak PK Baiq Nuril



Putusan tersebut, kata dia, akan mempersulit upaya mendorong korban kekerasan seksual berani berbicara dan bertindak atas kekerasan yang dialaminya.

Senada dengan Genoveva, Ketua LBH Pers Ade Wahyudin mengatakan Koalisi Masyarakat Sipil menagih janji DPR untuk membentuk Tim Eksaminasi perkara tersebut.

Melalui tim tersebut, DPR bisa memberikan dorongan kepada presiden untuk memberikan amnesti.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Presiden Jokowi. Baiq Nuril Amnesti Mahkamah Agung Koalisi Masyarakat Sipil

berita terkait

Publik Kecewa PK Baiq Nuril Ditolak MA

Ini Penjelasan MA Tolak PK Kasus Baiq Nuril

Rieke Diah Pitaloka Berharap Presiden Kabulkan Amnesti Baiq Nuril

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi