Inilah Beberapa Figur Muda Layak Jadi Menteri Menurut Pengamat

JABARNEWS | JAKARTA – Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies Jerry Massie menyebutkan ada beberapa figur muda yang layak menjadi menteri di Kabinet Kerja Jokowi-Ma’ruf.

“Menteri dari kalangan milenial (muda) bisa saja tetapi harus memiliki kompetensi yang tinggi dan latar belakang pendidikan serta pengalaman organisasi yang baik,” kata Jerry, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Selain itu, lanjut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini, menteri dari kalangan muda juga mampu menguasai bidang tersebut karena jabatan menteri bukan hanya memimpin organisasi kepemudaan.

Baca Juga:  Belum Tuntas Pembuatan KTP, KIA Sudah Diberlakukan di Majalengka

“Milenial yang duduk harus punya keahlian dan kemampuan, manajerial yang baik, visioner, punya kepemimpinan yang kuat memiliki jiwa kepemimpinan. Usianya pun 30 tahun ke atas,” kata Jerry.

Ia menyebutkan menteri dari kalangan milenial bisa di posisi Menpora, seperti Ketua PKPI Diaz Hendropriyono, Erick Thohir, Taufik Basari, dan Budiman Sudjatmiko.

“Mereka sudah terukur dan punya pengalaman dan saya yakin mampu memimpin. Begitu pun, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga sudah mulai matang,” ujarnya.

Baca Juga:  Bjb Hadiahi Warga, Pemberi Saran Terbaik Terkait Bansos

Salah satu politikus yang punya kemampuan rata-rata kaum milenial, kata dia, adalah Taufik Basari karena secara empiris dan rasional berpengalalam di NasDem sebagai ketua bidang hukum dan advokasi.

“Dia (Taufik Basari) memiliki high quality standard and skill untuk duduk di kabinet,” kata Jerry.

TIbas, sapaan Taufik Basari, juga dinilai sangat paham akan masalah hukum karena ini spesialisasinya. Bahkan, sudah dua kali menjadi tim kuasa hukum Jokowi di Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga:  Dua Residivis Jadi Kurir Narkoba Berhasil Ditangkap BNN KBB

Begitu pula, politikus Golkar Tantowi Yahya yang dinilai layak menjadi Menteri Luar Negeri. Putra asal Sumsel ini sudah teruji, apalagi kini dia sebagai Duta Besar New Zealand.

“Saya pikir Tantowi punya kemampuan diplomatik yang kuat,” ucapnya.

Dari PKB, ada nama Abdul Karding yang masuk TKN Jokowi-Maruf dan Lukman Edy, keduanya bisa masuk kabinet.

Selain energik dan visioner, kedua tokoh muda di PKB ini sudah malang-melintang di parlemen. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat