Tiga Kementrian Ini Jadi Incaran PKB

JABARNEWS | JAKARTA – Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap kadernya dapat menduduki jabatan menteri paling tidak di tiga kementerian, yakni Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Pertanian.

Wakil Sekteraris Jenderal PKB, Daniel Johan, mengatakan hal itu pada diskusi “Polemik: Ribut Rebut Kursi Menteri” yang diselenggarakan sebuah radio swasta di Jakarta, Sabtu (6/7/2019)

Baca Juga:  Musda Jajaka Ke-3, Tingkatkan Profesionalisme Dan Terus Berkarya

Daniel Johan mengatakan hal itu menjawab pertanyaan moderator diskusi. Menurut Daniel Johan, pada ketiga kementerian tersebut kerjanya bersentuhan langsung dengan rakyat banyak, sehingga dapat memberikan pengaruh politik kepada PKB.

Pada kesempatan tersebut, Daniel Johan juga membenarkan PKB melalui ketua umumnya, Muhaimin Iskandar, mengusulkan 10 nama kadernya untuk menjadi menteri kabinet pada pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua.

Muhaimin Iskandar sudah bertemu dengan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin. “Namun, saya belum tahu siapa saja 10 nama yang diusulkan oleh ketua umum. Itu kan kewenangan ketua umum,” katanya.

Baca Juga:  Wisata Pantai Dadap Indramayu, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Pada kesempatan tersebut, Daniel juga mengatakan, bahwa usulan 10 kader tersebut adalah usulan PKB, berbeda dengan usulan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“PKB dan PBNU, meskipun massanya sama-sama kader NU, tapi perjuangannya berbeda, sehingga usulannya juga berbeda,” katanya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Operasional MRT Jakarta

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini mengakui, PKB dilahirkan oleh NU dan menganggap NU sebagai orang tua dari PKB. “Orang tua dan anak itu berbeda, sehingga usulannya untuk menduduki kursi menteri juga berbeda,” katanya.

Menurut dia, PBNU juga sudah bekerja keras memenangkan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, sehingga PBNU juga wajar jika diberikan kursi menteri. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat