bjb

Dukungan AHF Berhenti, ODHA di Purwakarta Galau

Salah seorang ODHA Asal Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta tengah konsultasi Dengan kader penaggulangan HIV-AIDS Yayasan Resik Purwakarta. (Foto: Dok AHF)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Dukungan Lembaga Swadaya Masyarakat Internasional Aids Healthcare Foundation (AHF) Indonesia untuk membantu Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di Kabupaten Purwakarta pada Juni 2019 berhenti.

Salah seorang ODHA Asal Kecamata Darangdan, Kabupaten Purwakarta AS (34), mengaku bimbang karena berakhirnya kontrak dan dukungan AHF tersebut.

"Berarti kalau AHF berhenti, Tes viral load saya harus bayar sendiri donk. Tes viral load kan gak murah, jangankan buat bayar tes tersebut, buat buat hidup sehari-hari aja susah," ungkapnya, Sabtu (6/7/2019).

Menurutnya, dukungan dari AHF sangat diperlukan buat ODHA seperti dirinya. Untuk memperoleh layanan obat Anti Retroviral (ARV) di RSUD Bayu Asih dirinya harus merogoh kocek yang lumayan besar dan tak jarang dirinya suka kebingungan.

"Obatnya sih emang gratis ,tapi untuk daftar dan ongkos dari Darangdan ke RSUD Bayu Asih lumayan juga untuk ukuran saya. Tak jarang saya suka kebingungan setelah obat habis dan uang gak punya, namun berkat batuan AHF melalui Yayasan Resik Purwakarta suka membantu saya ketika dalam kebingungan tersebut. Saya tak bisa membayangkan jika AHF tidak diperpanjang kontraknya," ucap AS dengan nada resah saat berbincang di kediamannya.

Terlihat dari sorot matanya, tampak AS begitu ketakutan nyawanya di ujung tanduk.
Baca Juga:

Pemkab Bogor Menuju Kota Wisata Dengan Eliminasi Kasus ODHA

Cegah Penularan HIV-AIDS, Yayasan Resik Sosialisasi Kepada Pelajar


"ARV itu sudah menjadi bagian dari hidup saya dan ini akan berlaku sampai ajal tiba. Kalau nanti saya Gak punya uang untuk mendapatkan obat itu, virus HIV dalam tubuh kembali berkembang," ungkap AS.

Dengan begitu dirinya berharap pemerintah untuk terus melanjutkan kontrak kerja sama dengan AHF.

"Kami sangat bingung kalau AHF berhenti, jadi kami mohon lah kepada pemerintah agar melanjutkan kontak dengan AHF," ujarnya. (Gin)

Jabarnews | berita Jawa Barat


Tags : AHF Indonesia ODHA Yayasan Resik Purwakarta Aids Healthcare Foundation HIV/AIDS

berita terkait

Jumlah Penderita HIV/AIDS Turun di Bogor

Tiap Tahun Pasti Ada Temuan Kasus HIV-AIDS di Purwakarta

Pengguna Narkoba Rentan Terinfeksi HIV

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi