bjb

Kloter Pertama Jamaah Haji Jabar Berangkat Hari Ini

Pemberangkatan Calon Jamaah Haji. (Ilustrasi: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Kloter pertama jamaah calon haji asal Jawa Barat akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Tanah Suci, Arab Saudi, setelah melalui proses pemondokan di Asrama Embarkasi Haji Bekasi, pada Ahad (7/7/2019).

Kloter pertama jamaah calon haji yang merupakan jamaah dari Kabupaten Bogor, Sabtu mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Bekasi dan akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta, pada Ahad (7/7/2019) pagi.

Kepala Kanwil Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Barat, Buchori, mengatakan jumlah anggota jamaah haji Jawa Barat tahun ini terdiri atas 38.913 orang yang terbagi dalam 97 kelompok terbang atau kloter.

Buchori mengatakan selain itu ada 285 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 485 petugas kloter dan kesehatan sehingga secara keseluruhan jamaah yang berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji sekitar 39.683 orang.

Pada hari ini, jamaah calon haji tiga kloter selanjutnya dari Jawa Barat yakni dari Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kota Bekasi juga masuk Asrama Haji Embarkasi Bekasi.

Pada Ahad besoknya, setiap kloter diberangkatkan dengan jeda masing-masing kloter dua jam, yakni pukul 12.00, 14.00, dan 16.00 WIB.

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Kamis, 31 Januari 2019

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Rabu, 30 Januari 2019

Sementara itu Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil  meminta kepada para jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan selama beribadah dan beraktivitas di Tanah Suci.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan ibadah haji adalah ibadah paling berat, baik secara fisik ataupun mental sehingga membutuhkan fisik yang prima.

Dia juga memerintahkan para petugas haji untuk ekstra aktif memastikan aktivitas dan kesehatan jamaah berjalan baik.

"Jadi pastikan tiap hari cek kesehatan, jangan sampai dehidrasi karena sekarang jatuhnya di musim panas. Suhu di Tanah Suci sangat tinggi. Jangan sampai pas puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, terkendala," pungkas Emil (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Pemberangkatan Jamaah Haji Jawa Barat Asrama Haji Ridwan Kamil

berita terkait

Jabar Sabet APPSI Gubernur Awards Di Surabaya

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Selasa, 29 Januari 2019

Sakip Award 2018, Jabar Kembali Raih Predikat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi