Kisah Gunung Piramid, Thoriq Rizki Maulidan Akhirnya Ditemukan

JABARNEWS | BONDOWOSO – Mendaki gunung sudah menjadi salah satu aktivitas wisata yang populer, namun bagi pendaki harus mempersiapkan diri dengan baik saat akan mendaki gunung, agar musibah yang menimpa Thoriq Rizki Ahmad Maulidan tak terulang kembali.

Thoriq Rizki Maulidan yang sempat dinyatakan hilang setelah turun dari mendaki Bukit Piramid, Gunung Argopuro, akhirnya menemui titik terang. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi jasadnya dari lereng Bukit Piramid, Pegunungan Argopuro, Bondowoso, Sabtu (6/7/2019) sore.

Evakuasi pelajar SMP yang hilang 12 hari saat mendaki di bukit tersebut memakan waktu 12 jam akibat sulitnya medan. Jenazah korban lulusan SMP Negeri 4 Bondowoso itu kemudian dibawa ke Rumah Sakit dokter Koesnadi Bondowoso.

Baca Juga:  Lakoni Debutnya, Ardi Sempat Panik

Diketahui, tim SAR gabungan sebelumnya menghentikan proses pencarian Thoriq yang hilang di puncak Bukit Piramid, Senin (1/7/2019). Langkah itu diambil karena setelah tujuh hari pencarian korban tidak membuahkan hasil. Bahkan, video minta tolong Thoriq pun viral beredar. Video yang diklaim sebagai suara Thoriq Rizki Maulidan, pendaki yang hilang di Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur viral sejak Sabtu (29/6/2019). Menurut Kepala Kantor SAR Surabaya Budi Prasetyo, video itu tidak jelas sumber dan kebenarannya. Masyarakat pun diminta untuk lebih cermat jika menerima suatu informasi.

Baca Juga:  Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Buruan Cek Syaratnya Disini!

Nama Gunung Piramid mungkin belum terlalu dikenal publik. Gunung Piramid memiliki ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan diapit oleh gunung Salak, gunung Krincing, dan gunung Saeng. Memiliki bentuk khas seperti piramida, sehingga gunung ini disebut gunung Piramid.

Sebelum kabar musibah yang menimpa Thoriq tersebut beredar, Gunung Piramid terbilang agak asing di telinga, ketimbang gunung-gunung lain. Sebut saja seperti Gunung Rinjani, Semeru, Argopuro.

Baca Juga:  MUI Izinkan Sholat Berjamaah di Masjid Tanpa Gunakan Masker, Tapi...

Berbeda dengan gunung-gunung itu, Gunung Piramid terbilang masih sepi pengunjung. Mereka yang ingin mendaki gunung ini disarankan pada siang hari, pendakian malam sangat berisiko. Selain memiliki kemiringan yang ekstrem, gunung ini memiliki bagian kanan dan kirinya jurang.

Gunung Piramid ini terletak di Desa Ardisaeng, Pakem, Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini berada di kawasan pegunungan Argopuro atau Hyang yang memiliki beberapa kawasan pegunungan yang lebih kecil. Meski begitu, keindahannya tak kalah dengan gunung utamanya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat