BMKG: Maluku Diguncang Gempa 7,1 SR Merupakan Gempa Dangkal

gempa bumi dangkal yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi sebenarnya bisa lebih merusak, namun masih dipengaruhi pula oleh jarak ke pemukiman penduduk.

Ilustrasi. (Foto:Net)

JABARNEWS | TERNATE - Barat Daya Ternate, Provinsi Maluku Utara diguncang gempa magnitudo 7,1 yang diperbarui menjadi 7,0, Minggu (7/7/2019) pukul 22:08:39 WIB merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Bada Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan gempa bumi mengguncang wilayah laut sebelah barat Kota Ternate, episenter terletak pada koordinat 0,53 LU dan 126,18 BT atau tepatnya berlokasi di dasar laut pada kedalaman 49 kilometer, pada jarak 133 kilometer arah barat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Selasa, 29 Januari 2019

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Kamis, 31 Januari 2019



"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi dangkal," sebut Triyono dalam grup percakapan BMKG, PVMG dan Stakeholder di Manado, Senin (8/7/2019)

Kepala Pusat BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa bumi dangkal yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi sebenarnya bisa lebih merusak, namun masih dipengaruhi pula oleh jarak ke pemukiman penduduk. Gempa dangkal jika berada di tengah laut maka akan berkurang efeknya di darat, namun lebih berpotensi tsunami.

Gempa tersebut akibat deformasi kerak bumi di lempeng Laut Maluku dan memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault) akibat adanya tekanan lempeng mikro Halmahera ke arah barat, dan tekanan lempeng mikro Sangihe ke arah timur.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Gempa Bumi BMKG Magnitudo 7 1 SR Maluku

berita terkait

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Jumat, 1 Februari 2019

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Senin, 4 Februari 2019

Hati-hati, Bandung Sore Ini Diprediksi Hujan Disertai Petir

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi