BMKG: Maluku Diguncang Gempa 7,1 SR Merupakan Gempa Dangkal

JABARNEWS | TERNATE – Barat Daya Ternate, Provinsi Maluku Utara diguncang gempa magnitudo 7,1 yang diperbarui menjadi 7,0, Minggu (7/7/2019) pukul 22:08:39 WIB merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Bada Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan gempa bumi mengguncang wilayah laut sebelah barat Kota Ternate, episenter terletak pada koordinat 0,53 LU dan 126,18 BT atau tepatnya berlokasi di dasar laut pada kedalaman 49 kilometer, pada jarak 133 kilometer arah barat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi dangkal,” sebut Triyono dalam grup percakapan BMKG, PVMG dan Stakeholder di Manado, Senin (8/7/2019)

Baca Juga:  Efek PSBB, Arus Lalin Tol DKI, Jabar dan Banten Turun 60 Persen

Kepala Pusat BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa bumi dangkal yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi sebenarnya bisa lebih merusak, namun masih dipengaruhi pula oleh jarak ke pemukiman penduduk. Gempa dangkal jika berada di tengah laut maka akan berkurang efeknya di darat, namun lebih berpotensi tsunami.

Gempa tersebut akibat deformasi kerak bumi di lempeng Laut Maluku dan memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault) akibat adanya tekanan lempeng mikro Halmahera ke arah barat, dan tekanan lempeng mikro Sangihe ke arah timur.

Baca Juga:  6 Pencuri Motor Beraksi, 2 Motor Raib di Astanaanyar Bandung

Akibatnya, lempeng Laut Maluku terjepit hingga membentuk subduksi ganda ke bawah Halmahera dan ke bawah Sangihe.

Berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Bitung dan Manado dengan intensitas IV-V MMI, artinya dirasakan oleh hampir semua penduduk, bahkan banyak orang terbangun, sedangkan di Ternate III-IV MMI juga dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi saat itu berpotensi tsunami dengan level waspada untuk wilayah pantai timur Minahasa dan Minahasa Utara bagian Selatan.

Baca Juga:  Terkait Isu Penghapusan Honorer, Ini Kata Menpan RB

BMKG kemudian mencabut peringatan dini tsunami akibat gempa bumi pada pukul 00.09 WIB tanggal 8 Juli 2019.

BMKG mengimbau warga kembali ke tempat masing-masing setelah peringatan dini tsunami telah dinyatakan berakhir namun warga tetap diharapkan waspada.

Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta terus memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat