Selama 2019, P2TP2A Garut Tangani 34 Kasus Asusila

JABARNEWS | GARUT – Maraknya pelecehan dan kekekerasan yang terjadi di kalangan remaja, maka dirasa perlunya ada tindakan khusus yang dilakukan.

Selama 2019, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mencatat ada 34 kasus kekerasan atau asusila menimpa perempuan dan anak yang semuanya mendapatkan penanganan secara serius oleh P2TP2A dan instansi terkait lainnya.

“Kebanyakan sekitar 70 persen itu masalah kekerasan,” kata Sekretaris P2TP2A Garut Rahmat Wibawa kepada wartawan di Garut, Minggu (7/7/2019).

Baca Juga:  Pasar Cisalak Ditutup Sementara, Kenapa?

Ia menuturkan, kasus asusila yang tercatat P2TP2A Garut itu terdiri dari 18 kasus menimpa perempuan dewasa dan 16 kasus menimpa kalangan anak-anak dengan jumlah korban sebanyak 52 anak.

Menurut dia, jumlah kasus asusila terhadap anak di bawah umur itu korbannya cukup banyak, karena dalam satu pelaku ada yang melakukan perbuatan asusila lebih dari satu korban.

“Ada juga satu lokasi, pelakunya satu, korban banyak,” katanya.

Ia mengungkapkan, kasus asusila yang tercatat P2TP2A Garut itu bersifat laporan, lalu mendapatkan penanganan hukum, sementara di lapangan dipastikan banyak dan belum mau melaporkannya.

Baca Juga:  Waspada! Dua Tempat di Kota Sukabumi Ini Rusak Terkena Material Longsor

Menurut dia, banyak kasus yang tidak terdeteksi oleh P2TP2A Garut karena warga masih menganggap kejahatan seks sebagai aib yang tidak perlu diketahui orang, bahkan ada juga yang beranggapan melapor justru menyulitkan karena harus mengeluarkan biaya untuk penanganan hukumnya.

“Masyarakat masih merasa tabu untuk melaporkan kasus seperti itu, apalagi kasus kekerasan seks,” katanya.

Baca Juga:  Ibu Hamil Jangan Tidur Pagi Hari, Inilah 5 Alasannya

Namun P2TP2A Garut, kata Rahmat, terus berupaya mensosialisasikan masalah perempuan dan anak agar masyarakat sadar dan mau melaporkannya apabila ada kejahatan seks atau kekerasan terhadap anak di lingkungan sekitarnya.

Ia berharap, peran aktif masyarakat untuk mengawasi dan melaporkannya bisa mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan sehingga generasi bangsa bisa terselamatkan.

“Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya perlindungan dan mencegah terjadinya kekerasan menimpa perempuan dan anak,” pungkasnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat