bjb

Meski Cianjur Memiliki Sumber Air, Ribuan Petani Terlantar Pada Musim Kemarau

Petani di sejumlah kecamatan Cianjur, Jawa Barat, yang menjadi lumbung padi terpaksa berhenti menggarap lahannya karena tidak air yang dapat mengairi ribuan hektare persawahan akibat musim kemarau (Foto: Antara))

JABARNEWS | CIANJUR - Cianjur yang terkenal sebagai salah satu daerah lumbung padi nasional dengan jutaan hektare areal persawahan, kini kesulitan mendapatkan air pada musim kemarau. Meskipun wilayah tersebut terdapat sumber mata air sungai yang sejak turun temurun menjadi andalan petani, namun masih saja kesulitan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk mengairi sawah.

Ketika musim kemarau tiba, sebagian besar area persawahan di Cianjur, tidak dapat ditanami padi karena sulitnya mendapatkan air, karena sumber air seperti saluran irigasi, mata air dan sungai tidak lagi menyisakan air. Akibatnya, tanah sawah mengering dan pecah-pecah, meskipun wilayah tersebut masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai Citarum yang seharusnya tidak pernah mengalami kesulitan mendapatkan air khususnya untuk pertanian.

Baca Juga:

Emil: Optimistis, Atlet Jabar Bawa Pulang Piala Olympic World Summer Games 2019

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Jumat, 1 Februari 2019



Kordinator Relawan Bela Alam Cianjur, Eko Wiwid menilai kekeringan akibat ambrolnya irigasi di Kecamatan Cibeber tepatnya di aliran Sungai Cikondang akibat tidak terawatnya sumber air. Bukan hanya akibat ambrolnya saluran irigasi, namun berbagai faktor yang terjadi sehingga sumber air di bagian hulu Sungai Cikondang menurun tajam ketika musim kemarau meskipun banyak anak sungai yang airnya masih mengalir.

"Ini harus menjadi bahan evaluasi Pemkab Cianjur, kenapa bisa terjadi kekeringan, tentu bukan sekadar soal bendungan atau kanal yang ambrol. Ambrolnya irigasi menurut saya bagian dari banyak faktor kekeringan irigasi persawahan," katanya.
Halaman selanjutnya
Tags : Musim Kemarau BMKG Pemprov Jabar Rekayasa Cuaca Sawah Kering Cianjur

berita terkait

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Kamis, 31 Januari 2019

Pembangunan Waduk Kuningan Sudah 88.35 Persen

Wagub Uu Resmikan Gedung Pusat Kemanusiaan Di Soreang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi