bjb

Kicimpring Macaca jadi produk UPPKS Unggulan di Purwakarta

Kicimpring Macaca menjadi salah satu produk yang diserbu dalam ajang pameran tingkat Nasional. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Produk unggulan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, diserbu masyarakat, dalam ajang peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-26 Tingkat Nasional di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), 2-7 Juli 2019 lalu. 

Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan menyebutkan, kerajinan dan makanan khas Purwakarta yang dipamerkan pada acara itu yakni kicimpring dengan merek Macaca.

"Tingginya permintaan terhadap hasil produk kicimpring Macaca pada acara tingkat nasional seperti Harganas ini merupakan bukti bahwa produk industri kecil dan industri rumah tangga masyarakat Purwakarta sudah bisa bersaing dan mempunyai daya jual di tingkat nasional," kata Fata, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (8/7/2019).

Menurutnya, kicimpring Macaca ini dari segi kemasan cukup menarik dan soal segala izinpun sudah ada.

"Kicimpring Macaca ini merupakan bukti bahwa makan lokal yang dikemas dengan sangat menarik dan cantik. Biasanya kan Kicimpring itu di jual dengan kemasan yang seadanya saja, namun kicimpring Macaca ini berbeda, jadi pantas saja jika produk ini digemari pengunjung pameran di Kaltim sana,"jelas Fata.

Untuk itu, ia berharap ke depan perlu dukungan lebih besar lagi dari pemerintah daerah dan stakeholder terkait. Sehingga, produk-produk di Kabupaten Purwakarta akan semakin baik dari segi bentuk, kemasan serta kualitasnya.

Melihat antusias masyarakat, lanjut dia, pihaknya juga siap membantu kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga:

TKW Asal Purwakarta Yang Alami Tindak Kekerasan Di Abu Dhabi Segera Dipulangkan

Tempat Usaha Di Purwakarta Akan Dipasang Tapping Box

“Kita akan terus membina Kelompok-kelompk UPPKS yang ada di Kabupaten Purwakarta dalam hal pemasaran, kemasan, dan manajemen,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua UPPKS Kecamatan Kiarapedes, Lilis Ratnaningsih mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini BKKBN perwakilan provinsi Jawa Barat dan DPPKB Kabupaten Purwakarta yang telah melakukan pembinaan dan membantu penjual dari produk UPPKS Kecamatan Kiarapedes.

"Alhamdulillah kali ini, kicimpring macaca bisa menjadi salah satu produk yang diserbu di acara Harganas kemarin. Melihat antusias tersebut membuktikan bawah produk kami layak untuk di jual di tingkat Nasional," kata Lilis.

Untuk rasa kicimpring Macaca, lanjut dia, memiliki enam Varian rasa kekinian yani rasa original, kencur, jagung bakar, balado, extra pedals, dan barbeque.

"Kami membuat kemasan kekinian, untuk menarik para remaja agar suka terhadap produk lokal. Kami ingin menjadikan kicimpring sebagai produk makan ringan unggulan dan khas di Jawa Barat. Nah, untuk yang penasaran dengan rasanya boleh datang ke galeri menong di jalan Veteran, sebelah Mapolres Purwakarta," singkat Lilis saat dihubungi melalui selulernya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Produk UPPKS Kecimpring Macaca Harganas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Galeri Menong Purwakarta
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi